Dark/Light Mode

Buruan Daftarin, Nanti Keburu Diklaim Negara Lain Lho

Senin, 19 Desember 2022 09:05 WIB
ilustrasi kebaya Nusantara. Shutterstock)
ilustrasi kebaya Nusantara. Shutterstock)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia telah mengajukan kebaya sebagai warisan budaya tak benda UNESCO lewat mekanisme single nominations atau tidak bersama negara lain. Dalam mekanisme itu setiap negara hanya bisa mengajukan satu kebudayaan dalam dua tahun ke UNESCO.

Akun @indonesiabaik.id mengungkapkan, selain kebaya saat ini Indonesia masih memiliki tiga berkas non-aktif warisan budaya tak benda yang antre untuk didaftarkan ke UNESCO. Yaitu reog, tenun, dan tempe serta satu berkas aktif yaitu budaya sehat jamu.

“Bismillah, semoga kebaya segera diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia,” ujar @yoyoksukawi. “Sekeren itu Indonesia punya banyak budaya dan harus bangga dong,” timpal @rkaiyoo. “Semoga banyak yang lebih diakui lagi warisan budaya Indonesia,” sambung @ekonamh.

Baca juga : Kasus Pernikahan Dini Di Kabupaten Malang Tertinggi

Akun @Jarr_20 mengungkap, budaya Indonesia yang menjadi Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO. Yakni keris, wayang, batik, angklung, saman, noken, tiga genre tari tradisional Bali, pinisi, pen­cak silat, pantun, dan gamelan.

“Diajukan/diusulkan/didaftarkan men­jadi Intangible Cultural Heritage atau Warisan Budaya Takbenda/Warisan Tidak Ketara UNESCO: kebaya, kolintang, sasando, rendang, pempek, keroncong dan dangdut,” ungkap @Jarr_20.

Akun @Reynata___ mengapresiasi Pemerintah yang mendaftarkan kebaya ke UNESCO dengan mekanisme single nominations. Dia bilang, kebaya telah menjadi ikon mode Asia Tenggara. Kebaya secara resmi diakui sebagai pakaian nasional dan juga ikon busana Indonesia meskipun pengguna kebaya hanya di­pakai oleh orang Jawa Sunda dan orang Bali secara berkala.

Baca juga : Urus Dana Hibah, Waka DPR Jatim Disebut KPK Terima Duit Suap Miliaran

“Komunitas pecinta kebaya di Indonesia yang mengharapkan Indonesia menempuh jalur single nations dalam penga­juan kebaya sebagai warisan budaya ke UNESCO. Bukan secara bersama-sama dengan Malaysia, Singapura, dan Brunei maupun Thailand,” tutur @ LuhAyuManikMas1.

Sementara @tfrnewsid justru menyambut baik rencana Pemerintah untuk mendaf­tarkan dangdut sebagai warisan budaya UNESCO. Dia bilang, dangdut bakalan jadi warisan budaya tak benda ke-13 yang masuk ke dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda Indonesia UNESCO.

“Menyusul angklung dan gamelan yang sudah lebih dulu terdaftar,” ungkap @ tfrnewsid. “Asik, musik dangdut sebentar lagi akan didaftarkan sebagai warisan bu­daya takbenda Indonesia ke UNESCO,” ujar @satu_viral. “Semoga segera lolos,” timpal @sukanyaolahraga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.