Dark/Light Mode

Buruan Daftarin, Nanti Keburu Diklaim Negara Lain Lho

Senin, 19 Desember 2022 09:05 WIB
ilustrasi kebaya Nusantara. Shutterstock)
ilustrasi kebaya Nusantara. Shutterstock)

 Sebelumnya 
Akun @om_nur_ mengatakan, se­harusnya Pemerintah memprioritaskan Reog Ponorogo untuk didaftarkan men­jadi warisan budaya. Kata dia kebaya dari sejarahnya masih ada unsur India. Sementara yang murni Indonesia dan tidak dipunya negara lain adalah Reog Ponorogo.

“Golok Banten memiliki nilai historis sejak masa kesultanan Banten. Dari segi bentuk hingga pamor, pusaka golok Banten dinilai layak jadi warisan budaya UNESCO,” tutur @knpiharis.

Baca juga : Kasus Pernikahan Dini Di Kabupaten Malang Tertinggi

Sementara, @haris_hafizh menyayang­kan lamanya pengajuan budaya Indonesia oleh Pemerintah ke UNESCO. Seharusnya, kata dia, hal itu dilakukan sebelum ada negara lain yang mengklaim.

“Varian budaya Indonesia banyak, pengajuannya hanya 1 tiap 2 tahun,” katanya.

Baca juga : Urus Dana Hibah, Waka DPR Jatim Disebut KPK Terima Duit Suap Miliaran

Akun @beedee.action memension akun Menteri @sandiuno. Dia menyesal­kan Pemerintah yang tidak proaktif dalam menjaga warian budaya leluhur dengan mendaftarkannya ke UNESCO. Kata dia, Pemerintah cenderung reaktif ketika ada negara lain yang mengajukan lebih dulu warisan budaya tersebut.

“Selalu telat dalam hal apapun @ sandiuno,” ujar @beedee.action. “Betul, secara kasat mata @kemenparekraf.ri @ sandiuno tidak bekerja mendata budaya negara,” timpal @mhdhasibuan. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.