Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kapolri: Polisi Tak Bawa Gas Air Mata dan Senjata Api di Piala AFF 2022

Selasa, 20 Desember 2022 22:09 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (kedua kiri) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. (IST)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (kedua kiri) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan anggotanya tak ada yang membawa gas air mata maupun senjata api (senpi) saat gelaran piala AFF 2022, yang rencananya bakal dihadiri penonton.

“Kami bisa menggunakan perlengkapan PHH, namun tidak boleh menggunakan gas air mata, tidak boleh membawa senjata api,” kata Sigit di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Baca juga : Ini Jadwal Laga Semifinal Piala Dunia 2022

Sigit mengatakan, pihaknya juga telah menerapkan perpol (Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia) baru yang mengatur soal pengamanan kegiatan olahraga, yakni Perpol Nomor 10 Tahun 2022.

Sigit mengatakan, pihaknya akan menguji coba aturan baru ini. “Kami tentunya akan melaksanakan uji coba terkait dengan peraturan kepolisian yang baru, bagaimana penyelenggaraan sistem pengamanan terkait dengan persepakbolaan,” katanya.

Baca juga : Sandiaga Uno Nyatakan Siap Maju di Pilpres 2024

Dikatakan, polisi kini tak bisa masuk ke dalam stadion jika tak dibutuhkan. Anggota kepolisian kata dia, hanya ada di luar stadion.

“Pengaturan yang di dalam adalah steward, kemudian anggota kepolisian hanya ada di luar stadion. Kita mulai berada di ring luar stadion. Kita bisa masuk manakala nanti dari petugas keamanan penyelenggara meminta polisi untuk masuk, sehingga aturan itu tentunya kita sesuaikan,” sambungnya.

Baca juga : Bulan Bintang Optimis Jadi Peserta Pemilu 2024

Lebih lanjut, Sigit menyebut Polri akan memastikan semua pertandingan olahraga digelar sesuai dengan standar internasional. Baik dari segi keselamatan penonton maupun penyelenggaraan acara.

“Jadi ini adalah perbaikan-perbaikan ke depan sehingga dari sisi keselamatan penonton dan penyelenggara terjamin dengan baik, di satu sisi keamanan pun bisa kita laksanakan sesuai standar FIFA, standar internasional,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.