Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

KSP Dorong Warga Pekalongan Tanam Bibit Durian Di Lahan Perhutani

Rabu, 28 Desember 2022 15:47 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko, menanam bibit durian bawor unggul di Desa Bukur, di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, pada Rabu (28/12).
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko, menanam bibit durian bawor unggul di Desa Bukur, di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, pada Rabu (28/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko secara langsung datang ke Desa Bukur, di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Moeldoko datang untuk mendorong perkembangan sektor pertanian masyarakat desa tersebut.

Untuk menunjukkan dukungannya, Moeldoko secara simbolis melakukan penanaman bibit durian bawor kualitas unggul di lahan non produktif milik Perhutani, agar selanjutnya lahan tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga desa.

Baca juga : Diduga Selewengkan Bantuan Bencana, Bupati Cianjur Dilaporin Ke KPK

"Presiden Jokowi selalu menekankan agar masyarakat bisa menanam apa saja terutama dalam menghadapi situasi krisis. Menanam di lahan non produktif bisa membantu memulihkan lingkungan, misalnya agar tidak longsor, dan sekaligus menjadi faktor pengungkit pendapatan masyarakat," kata Moeldoko kepada warga dikutip Rabu (28/12). 

Sebagian besar warga Desa Bukur memang berprofesi sebagai petani. Mereka pun menyambut baik inisiasi dari Kantor Staf Presiden (KSP) untuk mendorong penanaman komoditas durian bawor di lahan desa mereka.

Diketahui,  komoditas tanaman durian bawor bernilai ekonomis tinggi karena masa panen yang dapat dilakukan 3 kali dalam setahun. Selain itu, perawatan tanaman durian bawor dianggap cukup mudah dengan hasil buah durian yang unggul.

Baca juga : Beli LPG 3 Kg Bakal Pakai QR Code Ya...

"Kehidupan pertanian kalau dikelola dengan baik, bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Apalagi Indonesia sebagai negara tropis punya kelebihan, utamanya di sektor hortikultura, seperti buah-buahan," kata Purnawirawan Panglima TNI tersebut.

"Anehnya negara Singapura yang lahannya tidak luas bisa menghasilkan dan menjual Durian Musang King. Mestinya kita yang punya lahan yang luas bisa menguasai pasar global. Jangan hanya dunia dikuasai oleh buah-buahan Thailand. Jadi kita harus lebih mengembangkan pertanian kita," serunya.

Kepala Staf Kepresidenan pun sempat berdialog dengan warga terkait persoalan pupuk dan subsidi pertanian. 

Baca juga : Gandeng Korsel, KLHK Perkuat Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan

Ia meyakinkan masyarakat bahwa KSP akan intens membangun komunikasi dengan Kementerian Pertanian untuk meningkatkan sektor pertanian di desa-desa.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.