Dark/Light Mode

Tahun 2022, Pemkab Tangerang Rampungkan Sejumlah Proyek Infrastruktur

Rabu, 28 Desember 2022 15:56 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur telah selesai dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang di Tahun 2022. Beberapa proyek yang saat ini dalam pengerjaan juga dikebut agar bisa rampung pada 2023 mendatang.

"Hal ini untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di masa datang," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Rabu (28/12).

Sejumlah proyek pembangunan jalan telah selesai dikerjakan yakni, peningkatan Jalan Curug-Cibinong, Jalan Borobudur Raya, Jalan Raya Cukanggalih. Sedangkan yang masih dalam tahap penyelesaian di antaranya Jalan Raya Mauk-Sepatan, Jalan Raya Balaraja-Kresek, Jalan Raya Legok-Karawaci dan Jalan Raya Prancis yang diperkirakan rampung September 2023.

Baca juga : Tahun 2022, KPK Tetapkan 149 Tersangka Kasus Korupsi

Pembangunan jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Tangerang pada tahun ini total sebanyak 27 ruas jalan dengan panjang mencapai 8,5 km. Sedangkan untuk pembangunan konstruksi sumber daya air, Pemkab Tangerang akan melakukan pembangunan di 15 titik dengan panjang penanganan mencapai 8,3 km.

“Terkait dengan infrastruktur, kami memang melakukan pembangunan sekaligus perbaikan di sejumlah kawasan. Total anggaran keseluruhan untuk pelaksanaan fisik mencapai Rp 75,5 miliar," ungkapnya.

Dana tersebut diperuntukkan untuk 42 jenis kegiatan pembangunan, baik pembangunan peningkatan jalan dan juga pembangunan konstruksi sumber daya air yang tersebar di beberapa kecamatan Kabupaten Tangerang.

Baca juga : 35 Tahun Mengabdi, Bambang: Birokrat Dengan Segudang Prestasi

Pemkab Tangerang juga menargetkan pembangunan dua underpass pada 2023. Pembangunan Underpass Balaraja dan Underpass Bitung di wilayah Kabupaten Tangerang ini merupakan rancangan pembangunan yang dikelola langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

"Kedua proyek yang akan dilakukan ini untuk mengurai titik kemacetan," sambungnya.

Proyek lainnya yang tengah dikebut penyelesaiannya adalah penyelesaian titik-titik betonisasi jalan dan penyelesaian pembangunan Fly Over di Cisauk. Hal ini termasuk proyek penanganan banjir dengan melakukan beberapa normalisasi aliran sungai dengan koordinasikan bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Ini meliputi Sungai Cisadane, Cirarab, Cisabi, dan Cimanceuri. 

Baca juga : Sambut Tahun 2023, LG Siap Hadirkan Koleksi Air Solution Terbaru

Di samping itu, Bupati Zaki juga menaruh perhatian pada pembangunan, pemeliharaan, dan perbaikan pedestrian agar pelaksanaannya sesuai target dan tepat sasaran seperti yang diharapkan masyarakat. Untuk kegiatan yang belum dilaksanakan, atas usulan masyarakat terhadap kondisi jalan di Kabupaten Tangerang. 

"Kami akan terus berupaya memperbaikinya. Salah satunya adalah akan dilakukan upaya penanganan di APBD Perubahan atau APBD Tahun Anggaran 2023," kata Zaki.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.