Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rame Isu Reshuffle Kabinet

Terserah Presiden, Yang Tak Sejalan Silakan Ganti

Kamis, 29 Desember 2022 06:30 WIB
Reshuffle kabinet - Ilustrasi (Kartun Mice)
Reshuffle kabinet - Ilustrasi (Kartun Mice)

RM.id  Rakyat Merdeka - Reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden. Kendati begitu, bila reshuffle kabinet dilakukan tanpa alasan jelas, malah bisa menimbulkan kebisingan.  

Menurut Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera, pergantian menteri di kabinet juga menunjukkan ketidaktepatan Presiden memilih pembantunya. Dia mengingatkan Presiden Jokowi berhati-hati menyika­pi reshuffle kabinet.

“Sebab, keputusan reshuffle bisa dinilai buruk karena terlihat tunduk pada teka­nan parpol lain,” kata Mardani dalam keterangannya, kemarin.

Mardani menegaskan, reshuffle kabi­net merupakan hak prerogatif Presiden. Hanya saja, bila reshuffle kabinet di­lakukan tanpa alasan yang jelas, malah menimbulkan kebisingan.

Baca juga : Mahyudin Dan TGB Layak Masuk Bursa Menteri

Diberitakan, Presiden Jokowi saat ini sedang menimbang-nimbang untuk me-reshuffle kabinetnya. Bahkan, Senin (26/12), Presiden sudah memanggil te­man lamanya yang pernah menjadi Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo ke Istana Negara, Jakarta.

Bukan kali ini saja nama FX Rudy dikaitkan dengan posisi menteri. Sebelumnya, politikus senior PDIP ini disebut-sebut bakal menjadi Menpan-RB menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo yang meninggal 1 Juli 2022.

Apa isi pertemuan dengan Presiden Jokowi, FX Hadi Rudyatmo menegaskan, tidak ada penawaran pos menteri kepa­danya. “Nggak ada pembicaraan politik, pembicaraan pemerintahan,” ujarnya.

Rudy mengatakan, pembicaraan den­gan Jokowi hanya pembicaraan ringan, bahkan diselipi guyonan.

Baca juga : Reshuffle Kabinet Atau Nggak, Kita Lihat Saja...

FX Rudy mengaku pertemuan hanya berlangsung sebentar. “Namanya kangen-kangenan ya nggak lamalah. Jam 5.15 (17.15 WIB) sampai jam 6 (18.00 WIB),” pungkasnya.

Netizen menilai, reshuffle kabinet hal wajar. Bila ada menteri yang tidak mampu kerja atau tidak sehaluan lagi dengan Presiden, wajar saja dipecat.

Akun @masheru951 menegaskan, reshuffle kabinet itu wewenang Presiden. Terserah Presiden.

“Segerakan untuk reshuffle para men­teri yang tidak searah, sebelum menjadi duri dalam daging,” desak @Paijo325.

Baca juga : Partai Garuda: Reshuffle Hak Prerogatif Presiden, Tidak Harus Objektif

Menurut @Chimpunk, reshuffle meru­pakan tanda orang yang ditunjuk atau dipercayai sebagai menteri tidak bisa kerja. Di perusahaan swasta, pergantian posisi hal wajar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.