Dark/Light Mode

Dikabarkan Gabung PPP

Sandi Loyal Ke Prabowo

Jumat, 30 Desember 2022 06:40 WIB
Menparekraf sandiaga Uno di Banyuwnagi. (Foto: Istimewa).
Menparekraf sandiaga Uno di Banyuwnagi. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Wakil Ketua DPR ini tidak bisa memaknai, apa arti senyuman Prabowo. Termasuk, ikhlas tidaknya Prabowo mengenai kepindahan Sandi ke PPP untuk kepentingan Pilpres. "Saya nggak tahu arti senyum-senyumnya apa. Saya, kan, nggak tanya," imbuhnya.

Soal kepastian kepindahan itu, Dasco menyatakan, jajaran elite Gerindra belum mendengar secara langsung dari Sandi. "Tidak ada surat pengunduran diri, dan tidak ada juga penyampaian. Saya dengar dari teman-teman di PPP," terangnya.

Baca juga : Sandi Sudah Diikhlaskan Gerindra

Gerindra pada dasarnya menghormati keinginan seseorang, termasuk Sandi, untuk berkontestasi pada Pilpres 2024. Namun, slot menjadi kontestan Pilpres 2024 dari Gerindra sudah tertutup, karena partai berlogo kepala Burung Garuda itu, sudah mendeklarasikan Prabowo sebagai capres.

Jika ada kader Gerindra yang ingin mendapatkan posisi capres atau cawapres, maka pilihan yang logis adalah mencari partai lain. Dasco mengaku tak mempersoalkan pilihan Sandi itu. "Semua anak bangsa berkompetisi secara sehat saja, dan sesudahnya sama-sama membangun bangsa dan negara,” pesannya.

Baca juga : Sandiaga Makin Berani Ngelangkahi Prabowo

Akankah Sandi jadi pindah? Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan, dalam situasi ini, memang dilematis. Satu sisi, Sandi termasuk tokoh potensial, dan akan kehilangan momentum ikut berkontestasi jika masih berada di Gerindra. Di lain sisi, ada peluang bagi Sandi untuk masuk dalam bursa kontestasi dengan pindah partai, tapi dia akan dianggap kacang lupa kulitnya. Atas hal itu, dia menyarankan agar Sandi dan Gerindra tidak mengambil sikap buru-buru.

"Gerindra maupun Sandiaga sudah tepat jika tidak ambil langkah terburu-buru. Mengingat semua yang mengemuka masih dalam tahap wacana," ula Dedi, tadi malam.

Baca juga : Sandi Pasrahkan Nasib Ke Prabowo

Sementara, Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menyayangkan jika Sandi benar hijrah. Sebab, ketika Sandi hengkang dari Gerindra, belum tentu akan langsung mendapat basis massa, atau sentimen positif dari publik. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.