Dark/Light Mode

Tingkatkan Layanan, PPPOMN Libatkan Partisipasi Masyarakat

Selasa, 29 November 2022 12:02 WIB
Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2022
Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2022

RM.id  Rakyat Merdeka - Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) melibatkan partisipasi masyarakat guna penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan dan akuntabel melalui kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2022. Kegiatan FKP ini merupakan kegiatan tahunan yang telah diselenggarakan PPPOMN sebanyak tiga kali sejak tahun 2020.

Kegiatan FKP tahun 2022 mengusung tema “Membangun Sinergi untuk Pelayanan Terbaik dengan Mewujudkan Laboratorium Pelayanan Prima”. Melalui sinergi dengan stakeholder atau pengguna layanan, diharapkan PPPOMN dapat terus meningkatkan kualitas layanannya dan dapat mewujudkan pelayanan yang prima. Forum ini sebagai sarana dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, melalui masukan, saran dan kritik yang dapat sebagai masukan dalam peningkatan kualitas layanan serta improvement.

Baca juga : BNPT Tingkatkan Pengamanan PT Kilang Pertamina Internasional

“Dari masyarakat, untuk masyarakat”, begitulah istilah yang tepat untuk menggambarkan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP). Masyarakat berpartisipasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik PPPOMN, dimulai sejak penyusunan standar pelayanan sampai dengan evaluasi dan pemberian penghargaan. Hasil dari partisipasi masyarakat tersebut akan kembali dirasakan oleh masyarakat dalam bentuk pelayanan yang prima dan berkualitas sesuai harapan.

“PPPOMN selalu membuka pintu kapan pun ada masukan dan saran yang akan kami jadikan acuan untuk memperbaiki layanan PPPOMN”, ujar Kepala PPPOMN, Mohamad Kashuri, dalam pembukaan acara FKP 2022.

Baca juga : Kenalkan KA Blambangan Ekspres, KAI Berikan Tarif Promo

FKP tahun 2022 yang diselenggarakan PPPOMN pada tanggal 24 November 2022 secara online ini dihadiri 318 peserta yang terdiri dari perwakilan akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Media Massa, Tokoh masyarakat, dunia usaha dan stakeholder pelayanan publik PPPOMN lainnya. Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan FKP sangat tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan, saran dan masukan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik PPPOMN.

Berdasarkan saran dan masukan pelanggan dalam kegiatan FKP PPPOMN tahun 2022 ini, menghasilkan 8 identifikasi masalah beserta usulan rekomendasi perbaikan. Rekomendasi perbaikan ini akan segera ditindaklanjuti oleh PPPOMN dan diharapkan selesai di tahun 2023.

Baca juga : Pastikan Layanan Lancar, PAM Jaya Rekrut Karyawan Palyja Dan Aetra

Melalui kegiatan FKP diharapkan dapat menambah value dan kontribusi Badan POM dalam meningkatkan nilai tambah sektor industri, meningkatkan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam ekonomi nasional, meningkatkan kualitas SDM dan inovasi serta reformasi sistem kesehatan melalui kemandirian sektor farmasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.