Dark/Light Mode

Ketua Fraksi PKB: Majalaya Car Free Night Sejarah Baru Sambut Malam Tahun Baru

Minggu, 1 Januari 2023 07:44 WIB
Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal menghadiri Majalaya Car Free Night, di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu malam (31/12). (Foto: Istimewa)
Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal menghadiri Majalaya Car Free Night, di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu malam (31/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majalaya Car Free Night jadi sejarah baru menyambut malam pergantian tahun, di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Sabtu (31/12). Ribuan masyarakat Kabupaten Bandung, khususnya yang berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Majalaya, menghabiskan malam pergantian tahun pada ajang Majalaya Car Free Night yang digelar di sepanjang Jalan Raya Babakan Majalaya Desa Majasetra dan Desa Majalaya, Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.

Majalaya Car Free Night tersebut diprakarsai jajaran Forkopimcam Majalaya, yang dihadiri langsung Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal. Hadir juga Kapolsek Majalaya Kompol Aep Suhendi, Danramil Majalaya Kapten Inf Supriyadi dan Camat Majalaya Gugum Gumilar, di tengah-tengah ribuan warga yang berkumpul di empat titik kumpul keramaian atau panggung hiburan yang sudah disiapkan oleh pihak penyelenggara. 

Panggung hiburan pada ajang pesta rakyat itu, yakni di Lapangan Mako Polsek Majalaya, depan Yamaha Majalaya, Bipik Kondang Majalaya, dan Eiger Majalaya. Para pelaku usaha mikro, kecil,dan menengah (UMKM) pun memasarkan produknya di sejumlah stand, dan berbagai komunitas seni pun tampil pada ajang Majalaya Car Free Night tersebut. 

Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, di malam pergantian tahun ini, yang dilakukan jajaran Forkopimcam Majalaya ini, sebagai tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya dalam upaya memberikan tingkat kebahagiaan kepada masyarakat. 

Baca juga : Ganjar Gelar Istighosah Di Malam Tahun Baru

"Kegiatan serupa bukan hanya di Majalaya, yang saat ini menggelar Majalaya Car Free Night, juga di Soreang Kabupaten Bandung, juga di provinsi melaksanakan kegiatan perayaan malam Tahun Baru 2023," kata Cucun.

Ia mengatakan kalaupun ada himbauan masyarakat tidak bergeser ke luar rumah, bahwa saat ini kondisinya lagi reborn pascapandemi Covid-19. 

"Saya sampaikan ke publik, bahwa indikator pembangunan ini adalah salah satunya tingkat kebahagiaan masyarakat. Kita ini kan lagi recovery, lagi reborn pascapandemi Civid-19, supaya tingkat ketahanan tubuh atau imunitas masyarakat meningkat, berikan mereka hiburan. Apalagi di malam pergantian tahun ini, melihat kreativitas-kreativitas anak-anak bangsa, yang diwujudkan dalam giat Majalaya Car Free Night," tutur Cucun. 

Cucun turut mengapresiasi, di tingkat kota kecil Majalaya, ini sejarah baru ada Majalaya Car Free Night. "Saya sebagai salah satu wakil rakyat asal daerah sini (Kabupaten Bandung) sangat mengapresiasi kreativitas yang dibuat oleh Pak Kapolsek Majalaya, Pak Danramil Majalaya, Pak Camat Majalaya dan jajaran Forkopimcam Majalaya lainnya," tutur Wakil Ketua Badan Anggaran ini. 

Baca juga : LRT Jakarta Tambah Jam Operasional Saat Malam Tahun Baru

Cucun mengungkapkan, kegiatan ini mendorong anak-anak muda Karang Taruna memiliki andil untuk memberikan kebahagiaan pada kegiatan Majalaya Car Free Night tersebut. 

"Memberikan orang lain bahagia dan orang lain senang itu ibadah. Apalagi orang butuh hiburan, pascapandemi Covid-19 yang terjadi selama 2,5 tahun hingga 3 tahun ini," ucapnya. 

Cucun mengungkapkan, tahun yang sudah lewat itu menjadi catatan sejarah dan tahun depan diharapkan menjadi catatan hidup yang lebih baik. "Hidup yang lebih bagus, karier yang lebih sukses. Saya juga turut apresiasi kepada semua, karirnya lebih bagus dan lebih sukses," tuturnya. 

Cucun juga berharap, dengan adanya kegiatan Majalaya Car Free Night ini, dapat menghapus stigma negatif untuk daerah Majalaya sebelumnya. "Anak-anak muda itu balapan motor, kemudian mereka kalau ada ketersinggungan sampai memakai senjata tajam. Ini (Majalaya Car Free Night) skema yang luar biasa yang dilaksanakan Forkopimcam Majalaya," tuturnya. 

Baca juga : Kepala BNPT: Narasi Adalah Senjata Kita Dalam Bangun Ketahanan Nasional

Melalui kegiatan ini, imbuh Cucun, sebagai upaya untuk mempersempit ruang gerak orang yang melakukan balapan motor dan hal lain yang tidak baik. "Saya jauh-jauh hari sudah menyampaikan ke Pak Kapolri, yaitu pastikan masyarakat nyaman, bisa merayakan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, itu betul-betul dalam keadaan bahagia," tuturnya. 

Sehingga, Cucun berharap memasuki tahun 2023 sudah semangat baru. Ia juga menilai bahwa Indonesia salah satu negara yang bisa menyelesaikan masalah Covid-19. "Saya juga turut mengapresiasi aparat pemerintah daerah, begitu juga TNI, Polri yang selama ini support bagaimana dalam penanganan Covid-19 di wilayah kami ini sudah selesai," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.