Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hasto & Plt Ketum PPP Menghadap Jokowi

Reshuffle Sudah Di Depan Mata

Rabu, 4 Januari 2023 07:17 WIB
Reshuffle kabinet/Ilustrasi (Gambar: Mice)
Reshuffle kabinet/Ilustrasi (Gambar: Mice)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapan Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet memang masih misteri. Namun, tanda-tandanya semakin terlihat. Terbaru misalnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono sudah datang ke Istana menghadap Jokowi. Kehadiran 2 petinggi parpol pendukung pemerintah itu, dianggap sebagai sinyal kuat reshuffle sudah di depan mata. 

Selama ini, Jokowi memang masih menutup rapat-rapat kapan akan melakukan bongkar pasang kabinet. Meskipun sudah melemparkan wacana akan melakukan perombakan, tapi kepala negara selalu menjawab “tunggu saja” saat ditanya kapan wakunya. 

Nah, di tengah isu yang terus menggelinding itu, Jokowi kembali memberikan sinyal bahwa tanda-tanda reshuffle semakin dekat. Apa itu? Yakni, kebiasaan Jokowi memanggil satu persatu pimpinan parpol koalisi menjelang melakukan perombakan kabinet. 

Hasto misalnya. Ia bertandang ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (2/1) lalu. Jokowi menerima kedatangannya sekitar pukul 14.30 WIB. Jebolan program doktoral Universitas Pertahanan ini mengaku menghadap Jokowi atas perintah Ketumnya yakni Megawati Soekarnoputri. 

Namun, ia membantah, pertemuan tersebut membahas reshuffle. Hasto bilang, kedatangannya ke Istana hanya mengantarkan undangan HUT PDIP yang akan digelar Selasa (10/1) pekan depan. "Kalau yang terkait reshuffle, itu kan ranahnya Presiden," elak Hasto.

Meskipun ia tidak menampik jika parpol koalisi tentu akan diajak bicara terlebih dahulu sebelum Presiden mengambil keputusan reshuffle. Termasuk PDIP, sebagai partai pendukung utama.

Baca juga : Hasto Bantah Pertemuan FX Hadi Dengan Jokowi Terkait Reshuffle

"Khususnya dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, sehingga itu bukan ranah kami. Itu ranah pemimpin tertinggi dari PDI Perjuangan yaitu Megawati Soekarnoputri," lanjutnya.

Tapi ada nyinggung reshuffle dong? "Ya rahasia, namanya ditugaskan. Kan kita ketemu dengan Presiden Jokowi kan sifatnya very very strickly confidential," jawab Hasto, diplomatis.

Selang sehari, gantian Mardiono yang datang ke Istana. Plt Ketum PPP ini diterima kepala negara, kemarin. Sama seperti Hasto, bos partai Ka'bah ini juga mengaku tidak membahas isu reshuffle dengan Jokowi. Secara diplomatis, dia bilang pertemuan itu hanya membahas soal kondusifitas nasional saja. "Tadi ndak menyinggung soal reshuffle," kilahnya, kemarin.

Dalam pembicaraannya itu, ia melihat Jokowi memberi atensi yang cukup besar pada masalah kemiskinan, ketahanan pangan, dan ancaman resesi dunia. "Tadi tidak membicarakan isu politik, apalagi isu reshuffle, beliau tidak sampaikan itu," tutur mantan anggota Wantimpres ini.

Benarkah reshuffle sudah di depan mata? Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat membenarkan hal tersebut. Bahkan sesuai kebiasaan Jokowi, dia memprediksi Jokowi akan mengumumkan reshuffle pada hari Rabu pon. Sesuai kalender Jawa, Rabu Pon jatuh pada 1 Februari 2023.

“Ya, biasanya Rabu pon, Rabu pon ya. Rabu pon itu setiap bulan ada rabu pon. Nah, jadi kita tunggu saja, Rabu ponnya itu yang bulan apa,” kata Djarot, di Kantor DPP PDIP, Jakarta,  kemarin. 

Baca juga : Hasil Riset: Setelah Jokowi, Prabowo Terpopuler di Kalangan Gen Z

Yang pasti, lanjut Djarot, sinyal Jokowi akan melakukan reshuffle sudah sangat terang benderang. Soal waktu, kata dia, hanya masalah teknis saja. “Yes, keniscayaan [reshuffle], kalau menurut saya,” tegas eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI), Bawono Kumoro juga punya analisa yang sama. Kata dia, pertemuan dua elit parpol dengan Jokowi jadi sinyal reshuffle sudah di depan mata. Namun, kapan dan seperti apa perombakan kabinet yang akan dilakukan, tentunya hanya Jokowi yang tahu. 

"Boleh jadi hal itu menjadi pertanda bagi reshuffle kabinet dalam waktu tidak terlalu lama," kata Bawono, tadi malam.

Mungkinkah reshuffle ini akan menendang NasDem dari kabinet? Bawano mengakui, dalam beberapa pekan ini, PDIP cukup getol mendorong Presiden untuk menggusur menteri-menteri asal Partai NasDem, usai partai yang dikomandoi Surya Paloh itu mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

"Memang tidak dapat dimungkiri sekali PDI Perjuangan sangat tidak suka sekali dengan sikap Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden," lanjutnya.

Soal apakah Jokowi akan mengambil pertimbangan politik dalam menggeser menteri-menteri dari NasDem, menurutnya bukanlah sesuatu yang diharamkan. "Karena reshuffle kabinet selama ini tentu mengandung dua pertimbangan. Yaitu pertimbangan kinerja dan pertimbangan politik," pungkasnya.

Baca juga : Pak Jokowi Tuan Rumah Yang Ramah

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Faldo Maldini mengatakan, Presiden saat ini dalam posisi mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat untuk mengeluarkan kebijakan apapun, termasuk reshuffle. Sehingga, ia meyakini, apapun keputusan Jokowi saat ini akan didukung oleh rakyat. Termasuk mencopot menteri dari parpol pendukungnya.

"Tidak ada persoalan. Presiden mau reshuffle detik ini atau tidak, sangat mungkin. Rakyat percaya langkah yang Beliau ambil," kata Faldo ketika dikonfirmasi, kemarin.

Bahkan, ia mengibaratkan Jokowi seperti pedagang yang lagi untung banyak. Sehingga tidak akan ragu-ragu mengambil keputusan, baik yang beresiko tinggi maupun rendah.

"Ibarat orang dagang, lagi untung banyak, jadi bebas mau ambil pilihan beresiko tinggi atau rendah. Besok mau reshuffle juga tidak ada soal, mau jelang habis juga tidak ada masalah," tambahnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.