Dark/Light Mode

Jadi Dirjen Imigrasi

Silmy Karim Mau Percantik Gerbangnya Indonesia

Kamis, 5 Januari 2023 06:40 WIB
Menkumham Yasonna Laoly (tengah) berjabat tangan dengan pejabat baru Dirjen Imigrasi Silmy Karim (kiri) dan pejabat lama Plt Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana usai pelantikan Dirjen Imigrasi Kemenkumham, di Gedung Graha Pengayoman, Kemenkumham Jakarta, kemarin.
Menkumham Yasonna Laoly (tengah) berjabat tangan dengan pejabat baru Dirjen Imigrasi Silmy Karim (kiri) dan pejabat lama Plt Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana usai pelantikan Dirjen Imigrasi Kemenkumham, di Gedung Graha Pengayoman, Kemenkumham Jakarta, kemarin.

 Sebelumnya 
“Layanan keimigrasian harus sejalan dengan semangat untuk menciptakan kemudahan berusaha di Indonesia dengan tetap memenuhi kriteria dalam rangka menjaga kedaulatan, ketertiban, dan keamanan negara serta kepentingan nasional sebagaimana diamanatkan dalam Perppu dimaksud,” jelas Yasonna.

Silmy siap melaksanakan arahan Menkumham dan Presiden Jokowi untuk meningkatkan layanan keimigrasian, sehingga nantinya bakal menarik minat investor. "Inti arahan Presiden dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah bagaimana kita meningkatkan layanan keimigrasian kepada masyarakat," ucapnya, usai pelantikan.

Dalam menjalankan tugas, Silmy akan melanjutkan program-program imigrasi yang bagus selama dipimpin Plt Widodo Ekatjahjana. "Jadi prinsipnya kita melanjutkan yang sudah baik dan yang menjadi catatan kita sempurnakan sesuai arahan Bapak Presiden," ujar jebolan Universitas Harvard, Amerika Serikat ini.

Baca juga : Lantik Dirjen Imigrasi, Yasonna Minta Silmy Berantas Pungli

Dia lalu menyinggung pesan dan harapan Presiden Jokowi terhadap Ditjen Imigrasi. Jokowi minta pelayanan imigrasi serba cepat dengan memaksimalkan digitalisasi. Dia pun berjanji akan melaksanakan tugas ini sebaik mungkin.

“Imigrasi adalah wajah Indonesia. Kita harus mempercantik wajah kita,” tegasnya.

Silmy menerangkan, pengalaman pertama dari turis adalah pelayanan Imigrasi yang ada di pintu masuk Indonesia. Karena itu, pelayanan ini harus dipercantik.

Baca juga : Jadwal SIM Keliling Bekasi 3 Januari Hadir Di Polsek Bantar Gebang

Silmy menerangkan, dalam beberapa hari awal menjabat, ia akan menampung segala macam informasi, permasalahan, dan memetakannya. Hal tersebut setidaknya yang akan dilakukan dalam 90 hari pertama kerjanya.

“Saya akan tampung segala macam informasi, permasalahan, kita mapping, kita pilih quick win. Jadi kalau ditanya rencana 90 hari, saya tentunya akan mapping dengan cepat dalam dua minggu, saya akan mapping permasalahan,” ucapnya.

Silmy juga akan meningkatkan layanan keimigrasian. Caranya, mempelajari proses bisnis di internal atau SOP yang ada di keimigrasian.

Baca juga : Terpilih Jadi Dirjen Imigrasi, Silmy Karim Punya Harta Rp 208,8 Miliar

“Mana yang bisa kita sempurnakan, tentunya dengan dukungan seluruh jajaran. Jadi, hal ini yang tentunya akan menjadi andalan kami,” ucapnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.