Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tanggapi Penangkapan Lukas Enembe, Jokowi: Semua Sama Di Mata Hukum!

Selasa, 10 Januari 2023 19:46 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini Selasa (10/1).

Jokowi mengatakan, semua orang, termasuk Lukas Enembe sama di mata hukum. Karena itu, proses hukum yang sedang berjalan, harus dihormati.

"Ya semua sama di mata hukum itu kan proses penegakan hukum yang harus kita hormati," ujar Jokowi kepada wartawan, Selasa (10/1).

Mantan Wali Kota Solo ini meyakini, KPK mengantongi bukti kuat untuk menangkap Lukas Enembe yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Dan saya kira KPK menangkap pasti sudah punya fakta, barang bukti yang ada, itu pasti," bebernya.

Baca juga : Diterbangkan Ke Jakarta, Lukas Enembe Didampingi Seorang Dokter Dan Perawat

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan, Lukas Enembe diduga hendak meninggalkan Indonesia.

"KPK mendapatkan informasi tersangka LE akan ke Mamit, Tolikara pada hari Selasa, 10 Januari 2023 melalui Bandara Sentani. Bisa jadi cara tersangka LE akan meninggalkan Indonesia," ujar Firli lewat pesan singkat, Selasa (10/1).

Mendapat informasi tersebut, KPK menghubungi Wakapolda Papua Brigjen Ramdani Hidayat, Dansat Brimob Polda Papua Kombes Budi Satrijo, dan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Mayjen TNI Gustav Agus Irianto.

"Untuk membantu upaya penangkapan terhadap tersangka LE di Bandara Sentani, karena yang bersangkutan akan keluar Jayapura, dan upaya evakuasi tersangka ke Jakarta," bebernya.

Kemudian, pada pukul 12.27 WIT atau sekitar 10.27 WIB, Lukas Enembe ditangkap di daerah Abepura, Jayapura. Kemudian, Lukas Enembe dibawa ke Mako Brimob Papua.

Baca juga : Ketua KPK: Saat Ditangkap, Lukas Enembe Diduga Mau Tinggalkan Indonesia

Kemudian, dievakuasi pada pukul 15.00 WIT atau sekitar pukul 13.00 WIB dengan menggunakan pesawat Trigana Air melalui Manado, Sulawesi Utara, untuk selanjutnya dibawa ke Jakarta.

Setelah tiba di Manado, Lukas Enembe dengan dikawal Kapolda Sulut Irjen Setyo Budiyanto, diterbangkan ke Jakarta dengan Lion Air 

"Setibanya di Jakarta saudara LE akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD dengan didampingi Tim KPK," ungkapnya.

Firli pun mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada rekan-rekan Polri, Polda Papua, korps Brimob Polri, BIN, TNI," ucap Firli.

Baca juga : Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap KPK Di Rumah Makan

Selain itu, Purnawirawan Jenderal Polisi bintang tiga ini juga mengucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama Papua.

"Terima kasih telah membantu KPK dalam pemberantasan korupsi. Mari kita bangun Papua lebih maju dan sejahtera dengan tidak ada lagi korupsi," ajaknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.