Dark/Light Mode

Ini Penjelasan BMKG Soal Gempa Tektonik M4,7 Di Cigudeg Bogor

Minggu, 15 Januari 2023 06:30 WIB
Peta lokasi gempa tektonik M4,7 di Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1). (Foto: InaTEWS)
Peta lokasi gempa tektonik M4,7 di Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1). (Foto: InaTEWS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa tektonik bermagnitudo 5 yang dimutakhirkan menjadi 4,7 mengguncang wilayah Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1) pukul 03.32.19 WIB. 

Menurut penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa terletak pada koordinat 6,52° LS; 106,58° BT.

Berlokasi di darat wilayah Cigudeg, Bogor, Jawa Barat pada kedalaman 146 km.

Terkait hal tersebut, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, merujuk lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia, yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

Baca juga : Ini Alasan KPK Geledah Kantor Gubernur Dan Wagub Jatim

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," ujarnya.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa ini menimbulkan guncangan di daerah Cikeusik, Bogor dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Di daerah Jasinga, Bogor terasa skala intensitas II MMI Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Baca juga : Kantor Perwakilan BI Tokyo Tempati Gedung Baru

"Hasil pemodelan menunjukkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono.

Hingga pukul 03.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa. Atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Baca juga : Anies Telikung Prabowo

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.