Dark/Light Mode

Maksimalkan Potensi Kedua Daerah, Jabar-Sulteng Teken Kerja Sama

Jumat, 20 Januari 2023 20:56 WIB
Maksimalkan Potensi Kedua Daerah, Jabar-Sulteng Teken Kerja Sama

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) sepakat menjalin kerja sama di berbagai bidang.

Kerja sama ini dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang diteken langsung oleh langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (20/1/2023).

Jabar dan Sulteng akan saling menggali potensi daerah dan sama - sama meningkatkan pelayanan publik.

Menjadi objek kerja sama juga di bidang sumber daya mineral, perikanan, pariwisata dan kebudayaan.

Baca juga : Penyediaan Layanan Internet Untuk Daerah 3T Harus Efektif Dan Tepat Sasaran

Kemudian di bidang koperasi dan usaha kecil, perkebunan, pertanian, peternakan, ketahanan pangan, perdagangan dan perindustrian, serta penanaman modal.

Selain itu, kerja sama juga dalam bidang pelayanan terpadu satu pintu, komunikasi dan informatika, pemberdayaan masyarakat desa, ketenagakerjaan, pengembangan sumber daya manusia, dan urusan pemerintahan lainnya.

Adapun yang jadi target kerja sama adalah sinergi program dan perencanaan pembangunan untuk memaksimalkan potensi kedua daerah.

Dari pembicaraan antar gubernur, terungkap Sulteng tertarik ingin sekali belajar mereformasi birokrasi dengan lebih cepat seperti yang telah ditunjukkan Jabar.

Baca juga : Pak Ganjar, Jateng Sudah Seminggu Kebanjiran Nih...

"Saya kedatangan Gubernur Sulawesi Tengah Pak Rusdy Mastura yang ingin mempelajari reformasi birokrasi. Merit system kita juara satu terbaik se-Indonesia," ujar Ridwan Kamil.

Tentu saja, Pemdaprov Jabar yang memiliki birokrasi dengan merit system terbaik di Indonesia, siap menjadi benchmark bagi Sulteng untuk memperkuat birokrasinya.

"Saya kira semua ilmu yang dianggap baik silakan, gratis, didukung termasuk bersekolah di BPSDM kita," kata Ridwan Kamil. 

Gubernur Ridwan Kamil berharap Sulteng membuka pintu selebar - lebarnya bagi investor asal Jabar.

Baca juga : Akademisi Dorong Optimalisasi APBD Jabar Untuk Kejar SDGs

Targetnya, dalam dua tahun atau paling cepat di tahun pertama kerja sama, ada pengusaha Jabar yang berbisnis dan maju di Sulteng.

"Kami harap dibukakan pintu investasi, Jangan hanya pengusaha nasional yang ke Sulteng. Urusan nikel kami juga ada perusahaan, ada pengusaha-pengusaha. Cuma karena kurang informasi jadi tidak masuk (ke daerah lain)," pungkas Gubernur.

Dengan penandatanganan kesepakatan ini, Ridwan Kamil berharap dapat membawa kebermanfaatan bagi pemda dan kesejahteraan bagi masyarakat kedua provinsi.

Kedepan, nota kesepakatan bersama antara Pemdaprov Jabar - Sulteng akan direalisasikan ke dalam program yang lebih konkret dan berdampak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.