Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KLHK Pastikan Populasi Badak Jawa Tidak Punah

Senin, 19 Desember 2022 08:57 WIB
Anak badak Jawa baru lahir di Taman Nasional Ujung Kulon.
Anak badak Jawa baru lahir di Taman Nasional Ujung Kulon.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hutan dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya memberi nama LordZac untuk salah satu anak badak yang berkelamin jantan yang baru lahir di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK).

“Kelahiran baru dua anak badak Jawa ini membuktikan KLHK terus berupaya meningkatkan populasi badak Jawa dan memastikanmya tidak akan punah,” ujar Siti dalam keterangannya, Minggu (18/12).

Baca juga : Hadapi Nataru, PUPR Siapkan 9 Ruas Tol Baru di Jawa dan Sumatera

Menteri Siti berpesan agar jajaran tidak boleh terlena dengan kegembiraan kelahiran anak badak Jawa ini. Meskipun badak Jawa dapat berkembang biak, bukan berarti habitat dan individu badak Jawa aman dari berbagai gangguan.  

“Aktivitas perburuan, predator, penyakit, kemungkinan inbreeding, dan bencana alam mengancam keberadaan dan kelestarian badak Jawa. Kita tidak boleh lengah dan selalu mengantisipasi terhadap setiap ancaman yang mungkin akan terjadi," imbuhnya.

Baca juga : KSP Pastikan KUHP Tidak Bertentangan Dengan Demokrasi

Eks Sekjen DPD ini mengatakan, monitoring badak Jawa merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam rangka upaya mendapatkan data time series salah satu spesies kunci yang dimiliki Taman Nasional Ujung Kulon, selain owa Jawa (Hylobates moloch) dan banteng Jawa (Bos javanicus). 

"Terima kasih kepada Tim Monitoring Badak Jawa Balai TNUK yang telah berupaya memberikan yang terbaik dalam memonitor keberadaan badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon, serta peran semua pihak yang turut membantu dalam menjaga dan melestarikannya," pungkas Siti.

Baca juga : Partai Garuda: Wacana 3 Periode Berakhir

Diketahui, dua ekor anak badak Jawa terekam lahir di habitat alaminya, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Anak badak Jawa pertama berjenis kelamin jantan dan diberi nama 'LordZac', terekam pada tanggal 18 September 2022 pukul 08.29 WIB dari induk yang bernama Ratu. Anak badak kedua belum diketahui jenis kelaminnya, namun telah diberikan ID. 090.2022, lahir dari induk yang bernama Menur.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.