Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kepala BPIP Beri Pembekalan Pancasila Ke Anggota DPRD Lampung

Sabtu, 21 Januari 2023 10:30 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi memberikan pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Pimpinan dan 85 Anggota DPRD Provinsi Lampung, Jumat, (20/1). 

Acara yang dibuka dengan Tarian Japin Kekhatongan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Lampung terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dalam melaksanakan tugas dan fungsi dari anggota legislatif. 

Yudian berharap, para wakil rakyat Lampung agar dapat menghayati dan menjadi motor penggerak pengaktualisasian nilai-nilai Pancasila di tanah Ruwa Jurai.

"Saya berharap semuanya menjadi inisiator dan penggerak pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi seluruh konstituen di daerah, guna merekatkan dan mempersatukan segenap elemen bangsa," tutur Kepala BPIP. 

Baca juga : KPK Akan Panggil Semua Pemilik Ruangan Di DPRD DKI Yang Digeledah

Yudian juga menekankan agar nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dijadikan bintang penuntun dalam melaksanakan tugas sehari-hari. 

"Muara dari kinerja, tugas, dan fungsi yang kita emban adalah untuk negara dan bangsa Indonesia, yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," tegasnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay dalam sambutannya mengatakan, DPRD Lampung akan membuat peraturan daerah untuk Pembinaan Ideologi Pancasila kepada masyarakat pada semua jenjang pendidikan. 

"Insya Allah, di 2023 ini, DPRD Provinsi Lampung akan mengeluarkan Peraturan Daerah tentang Pembinaan Ideologi Pancasila di Provinsi Lampung," ungkap Gumay.

Baca juga : Berdikari! Kekayaan Alam Kita Untuk Kita

Serentak para anggota dewan yang hadir memberi tepuk tangan atas pernyataan Ketua DPRD Provinsi Lampung. Para anggota dewan ini antusias, menerima sajian materi dari berbagai narasumber BPIP.

Ketua DPRD Provinsi Lampung menyampaikan, akan bekolaborasi lebih lanjut dan meminta arahan BPIP terkait dengan Peraturan Daerah Lampung agar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan berdampak pada masyarakat Lampung.

Pada Acara Bimtek tersebut juga menghadirkan para narasumber, antara lain Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila, Aris Heru Utomo yang membawakan materi Pancasila: Historis, 

Konseptualitas, dan Aktualisasi; Direktur Analisis dan Penyelarasan, Agus Moh. Najib membawakan materi Konseptualitas dan Aktualisasi Pancasila dalam Peraturan Perundangan; Direktur Jaringan dan Pembudayaan, Toto Purbiyanto dengan materi Gotong Royong Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. 

Baca juga : Kasus Suap Ketok Palu, KPK Tahan 10 Eks Anggota DPRD Jambi

Sementara itu, Pimpinan DPRD yang turut hadir, antara lain Wakil Ketua I, Elly Wahyuni., Wakil Ketua II, Ririn Kuswantari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.