Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP Minta DPRD Pasuruan Tak Lupakan Pancasila Dalam Bekerja

Senin, 30 Januari 2023 22:22 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang Ideologi Pancasila, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Pasuruan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek yang bertema "Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Pasuruan" itu digelar di Jakarta, Sabtu (28/1) lalu. Hadir sebagai pembicara Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Baca juga : BPIP Angkat 399 Purnapaskibraka Menjadi Duta Pancasila

Dalam sambutannya, Yudian mengingatkan, kepada seluruh DPRD Kab. Pasuruan untuk tidak melupakan Pancasila dalam bekerja. Menurutnya, pengamalan nilai-nilai Pancasila harus terus dilakukan mengingat DPRD merupakan perwakilan masyarakat dalam bekerja.

"Diharapkan untuk segenap anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dapat menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam perannya sebagai wakil dari masyarakat Pasuruan," kata Yudian.

Baca juga : BPIP Dorong Penerapan Pancasila Dalam Tata Kelola Pemerintahan

Yudian mengaku, dalam hal legislasi, sangat penting agar dapat menyusun peraturan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga fungsi penganggaran, agar dapat menetapkan kebijakan anggaran yang berkeadilan sosial. Dan dalam hal pengawasan, agar dapat menjamin bahwa penyelenggaraan pembangunan serta pelayanan publik dijalankan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Wajib bagi bapak-bapak sekalian berkewajiban untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pancasila merupakan bintang penuntun bagi kita dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Sebagai pandangan hidup, Pancasila merupakan pedoman bagi kita dalam menyusun rencana atau program, bertindak, dan melakukan tugas-fungsi yang kita emban," jelasnya.

Baca juga : Partai Garuda: Tak Perlu Lakukan Kekerasan Terhadap Wartawan, Pakai Mekanisme Dalam UU Pers

Sementara itu, Ketua DPRD Kab. Pasuruan, HM Sudiono Fauzan mengatakan, Pancasila merupakan sebagai dasar dan ideologi negara sejak kelahirannya pada tanggal 1 Juni 1945, sebagaimana ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, harus ditegakkan dan diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam rangka menegakkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila itulah maka BPIP perlu dipandang melakukan pembinaan ideologi Pancasila bagi semua penyelenggara negara, komponen bangsa, dan warga negara Indonesia. "Karena DPRD merupakan salah satu penyelenggara pemerintahan daeraht maka DPRD perlu penguatan pembinaan ideologi Pancasila yang langsung dilakukan oleh BPIP," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.