Dark/Light Mode

Leadership Bootcamp NECSC 2023 (2)

Lewat Studi Kasus, 100 Peserta Paham, Kolaborasi Adalah Kunci Sukses Inovasi

Minggu, 12 Februari 2023 08:00 WIB
Salah satu kelompok Leadership Bootcamp Kompetisi Menulis NECSC 2023 mengikuti pembekalan, yang dilanjutkan dengan studi kasus dari para perusahaan kolaborator di Wisma Makara UI, Sabtu (11/2). Peserta dibagi menjadi 20 kelompok dari 100 peserta terpilih. (Foto: Dok. SRE INDONESIA).
Salah satu kelompok Leadership Bootcamp Kompetisi Menulis NECSC 2023 mengikuti pembekalan, yang dilanjutkan dengan studi kasus dari para perusahaan kolaborator di Wisma Makara UI, Sabtu (11/2). Peserta dibagi menjadi 20 kelompok dari 100 peserta terpilih. (Foto: Dok. SRE INDONESIA).

RM.id  Rakyat Merdeka - Total 100 peserta terseleksi Kompetisi Menulis Energi Baru Terbarukan dan Lingkungan Hidup: National Energy, Climate, Sustainability Competition (NECSC) 2023 terlihat bersemangat menjalani rangkaian acara hari kedua Leadership Bootcamp di Makara Art Center Universitas Indonesia, yang diselenggarakan secara hybrid, Sabtu (12/2).

Kompetisi menulis ini merupakan kolaborasi Rakyat Merdeka-Society of Renewable Energy (SRE).

Di hari kedua ini, 100 peserta itu mengikuti workshop technical skill dan soft skill, yang diberikan para senior SRE. Serta memecahkan studi kasus yang diberikan perusahaan kolaborator seperti Pertamina, Adaro, dan GoTo. Dengan pembekalan berupa pengetahuan seputar lingkungan dan energi, melalui rekaman video dan diskusi daring bersama mentor.

Arsyad, salah satu peserta dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengaku bersyukur bisa mengikuti acara bergengsi ini.

Baca juga : Anak Muda Antusias Nimba Ilmu Di Pusat Persemaian Rumpin

“Saya banyak belajar dari studi kasus Pertamina, tentang program pemberdayaan masyarakat di desa binaannya. Kita jadi tahu, ternyata Indonesia itu luas. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan, terutama di sektor energi,” ujar Arsyad.

Dia pun mengajukan usulan untuk mewujudkan pembangkit listrik tenaga biomassa, yang bersumber dari padi.

“Kita jadi tahu, bahwa untuk mendapatkan hasil yang bagus, kita perlu berkoordinasi. Di samping harus tahu akar masalah. Solusi harus sesuai dengan akar permasalaannya,” tutur Arsyad.

Sementara Adaro, perusahaan pertambangan batu bara terpadu yang dipimpin Garibaldi Thohir, menyuguhkan studi kasus membentuk bisnis dekarbonisasi industri. Sebagai respons perusahaan terhadap tantangan global, sekaligus mendukung target pemerintah mencapai net zero emission.

Baca juga : Cerita Wastra 2021 Latih 1.000 Perajin Kain Tenun Di Indonesia

Sedangkan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo yang dinakhodai Andre Sulistyo, memberikan studi kasus terhadap elektrifikasi kendaraan bermotor para mitra gojek, sebagai bentuk adaptasi perusahaan. Sekaligus mendukung program keberlanjutan.

“Saya senang, melihat peserta aktif berdiskusi. Mereka tidak ragu bertukar pikiran, tidak takut idenya direplikasi. Mereka mampu melihat aspek yang lebih luas, untuk mendapatkan pandangan dari banyak pihak,” ujar Founder dan Ketua SRE Indonesia, Zagy Yakana Berian.

“Studi kasus ini akan diberikan sampai besok. Para peserta dijadwalkan untuk presentasi hasil karya secara daring, pada Minggu (12/2),” imbuhnya.

Selain presentasi hasil karya secara daring, Leadership Bootcamp hari terakhir pada Minggu (12/2), juga akan menghadirkan Sesi Leadership Talk dengan pembicara Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, GM HSE, Risk Management & Crisis Team Leader PT Adaro Energy Indonesia Tbk Rusdi Husin, Head of Sustainability GoTo Tanah Sullivan,

Baca juga : Program KAI 2021: Adaptif, Solutif, Dan Kolaboratif Untuk Indonesia

Dilanjutkan dengan acara Pengumuman Pemenang NECSC 2023. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan Siti Nurbaya akan memberikan Piala Bergilir kepada Juara I Kompetisi Menulis NECSC 2023, dari kategori Energi dan Lingkungan Hidup.

Acara ini akan dihadiri 400 mahasiswa dari berbagai kampus. Seperti ITB, UI, Universitas Pertamina, Universitas Gunadarma, UPN Veteran Yogyakarta, UGM, dan Universitas Brawijaya Malang. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.