Dark/Light Mode

PPKM Sudah Dicabut

Yang Masih Mau Pake Masker Boleh Kok, Demi Kesehatan Ya

Sabtu, 25 Februari 2023 06:45 WIB
Presiden Jokowi saat mengisi Rakernas APPSI 2023 di Balikpapan, Kamis (23/02/2023). (Foto : Biro Pers Sekretaris Kepresidenan).
Presiden Jokowi saat mengisi Rakernas APPSI 2023 di Balikpapan, Kamis (23/02/2023). (Foto : Biro Pers Sekretaris Kepresidenan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kewajiban memakai masker memang sudah dicabut. Namun, bukan berarti menggunakan masker di dalam ruangan merupakan hal yang salah.

Presiden Jokowi menegaskan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dicabut.

“Jadi apalagi di luar ruangan, itu sudah tidak wajib pakai masker. Tetapi di dalam ruangan kalau ada yang pakai masker juga diperbolehkan, demi kesehatan,” kata Jokowi, Kamis (23/2).

Baca juga : Orang Muda Ganjar Beri Kompor Gas Hingga Cek Kesehatan Gratis

Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam pengarahan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dia mewajarkan soal masyarakat yang memakai masker kerap dianggap kurang sehat.

“Saya ingin mengingatkan kembali bahwa PPKM telah dicabut di akhir 2022. Jadi, kalau tadi Pak Gubernur Kaltim menyampaikan yang pakai masker itu dianggap agak sakit, nggak salah, Pak Gub, nggak salah, karena PPKM memang sudah dicabut,” kata Jokowi.

Jokowi menyampaikan kilas balik ketika awal-awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada 2020. Jokowi mengatakan, Indonesia dan seluruh negara belum memiliki pengalaman mengatasi pandemi.

Baca juga : Mak Ganjar Banten Gandeng Penyuluh Lokal Gelar Gebyar Kesehatan

“Sebuah tantangan yang sangat berat, dan tidak ada standarnya, tidak ada pakemnya,” ujar Jokowi.

Jokowi kemudian mengingatkan cerita ketika WHO (World Health Organization) mengubah-ubah peraturan mengenai pemakaian masker. Saat itu dunia sedang panik karena pandemi.

“Kita ingat awal-awal dari WHO disampaikan, saya kan bertanya kepada mereka, ‘Presiden nggak usah pakai masker, awal-awal, yang pakai masker yang batuk-batuk, yang kena saja’. Nggak ada seminggu, semua harus pakai masker, ternyata dia juga bingung, kita juga bin­gung,” tutur Jokowi.

Baca juga : PPP Diminta Berjuang Demi Kemajuan Umat

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, memakai masker di ruang tertutup dan di kerumunan masih menjadi salah satu anjuran Pemerintah. Anjuran ini, kata Dante, perlu diterapkan meski PPKM sudah dicabut.

“Penggunaan masker pada ruangan tertutup dan kondisi crowded itu masih menjadi salah satu anjuran yang dilaku­kan pemerintah,” kata Dante di sela-sela Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2023 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (23/2).

Dante menuturkan, memakai masker merupakan langkah untuk mencegah ber­bagai macam penyakit menular. Masker berguna untuk melindungi dari paparan langsung bakteri maupun virus yang masuk ke hidung dan mulut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.