Dark/Light Mode

Rafael Ngaku Beli Rubicon Dari Orang Gang Lalu Dijual Ke Kakaknya

KPK: Percaya Nggak? Ya Nggak!

Kamis, 2 Maret 2023 16:21 WIB
Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Kantor Wilayah Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo menyatakan, Jeep Rubicon yang dikendarai anaknya, Mario Dandy Satriyo, adalah milik kakaknya.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengungkapkan, surat kepemilikan Jeep Rubicon itu atas nama Ahmad Syarifuddin.

Ketika disambangi tim KPK, rumah Ahmad yang alamatnya tertera di BPKB dan STNK, ternyata berada di dalam gang. Dia juga sudah tidak tinggal di situ.

Saat diklarifikasi KPK pada Rabu (1/3) kemarin, Rafael mengaku dirinya membeli mobil mewah itu dari Ahmad. Namun kemudian, dijual ke kakaknya.

Baca juga : Rafael Ngaku Jeep Rubicon Punya Kakaknya, Harley Belum Terlacak

"Tapi secara dokumen masih nama AS (Ahmad), karena kan kita ngeceknya ke Samsat. Jadi belum dibalik nama," beber Pahala, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (2/3).

Dia menegaskan, KPK tak serta merta menelan mentah-mentah pengakuan Rafael.

"Kita percaya apa nggak? Ya nggak," tegasnya.

Lantas kenapa Jeep Rubicon itu dipakai oleh Mario Dandy? Kata Pahala, Rafael mengaku kakaknya sangat sayang kepada putranya itu.

Baca juga : Soal Vaksinasi Ganggu Imunitas Anak, Kak Seto: Percayakan Pakar Kesehatan

"Pakdenya sama anaknya, dikasihlah (Jeep Rubicon) sama anaknya," ungkap Pahala.

KPK pun akan menelusuri dan mengecek kebenaran informasi yang disampaikan Rafael tersebut. "Kan dia ngomong begitu. Kita cek nanti banknya, bener nggak. Kalau dia beli ada duit keluar. Kalau dia jual lagi ke kakaknya, ada duit masuk," tuturnya.

Sementara soal Harley Davidson, Pahala menyatakan, Rafael mengaku tak memasukkannya ke dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) lantaran bodong alias tak memiliki surat-surat.

"Kan bodong, apa yang mau dilaporin," seloroh Pahala.

Baca juga : Yasonna: Kejar-kejaran Bangun Lapas Dengan Jumlah Kejahatan, Keuangan Negara Nggak Mampu

Rafael diketahui memiliki harta yang fantastis. Hartanya bahkan jauh melebihi Dirjen Pajak Suryo Utomo. Dan berselisih sedikit dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dikutip dari elkhpn.kpk.go.id, tercatat Rafael memiliki harta mencapai Rp 56 miliar di tahun 2021.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.