Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PMI Siapkan Shelter Dan Bantuan Logistik Untuk Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Sabtu, 4 Maret 2023 14:37 WIB
Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla berkunjung ke posko PMI untuk korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Sabtu (4/3). (Foto: Ist)
Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla berkunjung ke posko PMI untuk korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Sabtu (4/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan shelter bagi para korban yang rumahnya ikut terbakar pada peristiwa kebakaran yang melanda Depo Pertaminan Plumpang Jakarta Utara, Jumat (3/3).

Selain menyediakan Shelter, PMI juga akan menjaminya ketersediaan logistik sandang, pangan, dan air bersih bagi para korban yang mengungsi di Shelter PMI. 

Hal itu disampaikan oleh ketua PMI Pusat, Jusuf Kalla (JK) saat berkunjung ke posko PMI untuk korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Sabtu (4/3).

“Palang merah tentu menyampaikan rasa duka cita pada semua korban kebakaran ini dan Palang Merah Indonesia menampung berapa saja pengungsi yang rumahnya ikut terbakar dan kita akan memenuhi semua kebutuhan sambil kita menunggu kebijakan apa yang diambil, oleh gubernur dan Pertamina,” ujar JK

Baca juga : Presiden Minta Wapres Pantau Lokasi Kebakaran Plumpang

Adapun masa waktu pengungsi dapat tinggal di Shelter PMI, Wapres RI ke 10 dan 12 tersebut menyebut mereka dapat tinggal di Shelter sampai dengan mereka kembali mendapatkan tempat tinggal. 

“Mereka bebas tinggal sampai kapan saja sampai mereka dapat kembali rumahnya, dan kita akan siap tanggung mereka,” jelas JK. 

JK juga menegaskan bantuan logistik tidak hanya diberikan kepada mereka yang berada di Shelter PMI tapi juga yang berada di luar Shelter.

“Bantuan logistik tidak hanya yang ada di sini, tapi juga yang ada di luar, karena PMI tugasnya memang itu,” tegas JK.

Baca juga : Amankan Lokasi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Satpol PP Terjunkan 100 Personel

Kebakaran Berulang

Kebakaran yang terjadi pada Jumat 3 Maret 2023 tersebut bukan yang pertama kali melanda Depo Pertaminan Plumpang. Sebelumnya, pada 17 januari 2009 kebakaran juga melanda depo 24 yang menampung 5.000 KL premium.

JK yang saat itu menjabat wapres telah memberikan peringatan mengenai bahayanya pemukiman warha yang terlalu dekat dengan lokasi depo pertamina. JK meminta agar wilayah sekitar Depo harus bebas penduduk untuk meminimalisirkan jumlah korban apabila terjadi insiden. 

“Kita akan mengambil langkah bagaimana instalasi minyak ini bisa bebas penduduk” demikian pernyataan JK saat meninjau kebakaran Depo Pertamina Plumpang senin 19 Januari 2009.

Baca juga : Komisi VII DPR Sampaikan Belasungkawa Warga Terdampak Ledakan Depo Plumpang

Kebakaran pada tahun 2009 tersebut juga menelan korban jiwa, seorang petugas keamanan Pertamina. Sempat ada spekulasi serangan teroris pada insiden tersebut, tetapi hasil penyidikan polisi menyatakan kebakaran yang tejadi selama 9 jam tersebut murni soal teknis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.