Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Komisi VII DPR Sampaikan Belasungkawa Warga Terdampak Ledakan Depo Plumpang

Sabtu, 4 Maret 2023 11:12 WIB
Ledakan Depo BBM  Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam.
Ledakan Depo BBM Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam.

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VII DPR, Rofik Hananto menyampaikan, belasungkawa atas insiden bocornya pipa depo BBM milik Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam.

Rofik mengatakan, Pertamina serta pihak terkait harus memastikan keselamatan dan keamanan warga yang tinggal di sekitar lokasi.

"Kami turut berbelasungkawa terhadap masyarakat sipil yang terdampak, apalagi ini daerah padat penduduk. Benahi segera SOP pengamanan,” ujarnya.

Baca juga : Pertamina Salurkan Bantuan Ke Warga Plumpang

Pipa BBM yang terbakar ini merupakan bagian dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang. TBBM Plumpang dinilai, sebagai salah satu terminal BBM terpenting di Indonesia, sehingga Rofik menegaskan, Pertamina harus memastikan pasokan bahan bakar minyak tetap aman meski ada insiden tersebut.

"Plumpang menyuplai sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia, atau sekitar 25% dari total kebutuhan SPBU Pertamina, maka tindakan selanjutnya adalah bagaimana memastikan supply BBM tidak terganggu," imbuh anggota DPR RI Fraksi PKS tersebut, Sabtu (4/3).

Rofik juga menyinggung kejadian kilang minyak milik Pertamina yang sebelumnya berulang kali terjadi, seperti Kilang Balikpapan, pada Maret 2022 lalu. Terhitung 2 tahun terakhir ini sudah 5 fasilitas migas milik Pertamina mengalami insiden kebakaran.

Baca juga : Erick Segera Tinjau Lokasi Kebakaran Depo Plumpang

"Menyayangkan terjadinya musibah kebakaran ini, apalagi Insiden kebakaran bukan kali pertama di fasilitas migas, ini terus berulang. Pertamina harus benahi sistem pengamanan dan SOP yang ada," imbuh anggota DPR RI Dapil Jateng VII tersebut.

Rofik mengharapkan, adanya pembenahan menyeluruh terhadap sistem pengamanan serta SOP yang ada dalam lingkup Pertamina untuk mengamankan baik fasilitas Migas, pekerja, maupun masyarakat sekitar. 

Menurutnya, pembenahan diperlukan agar Pertamina tidak abai terhadap aspek pengamanan fasilitas Migas. 

Baca juga : Erick Minta Pertamina Gercep Selamatkan Warga, Terbakarnya Pipa BBM Plumpang Harus Diusut

"Investigasi menyeluruh dan tuntas, serta meminta komitmen Pertamina memperbaiki sistem keamanan kilang minyak maupun depo BBM, seringnya kebakaran terjadi mengindikasikan Pertamina abai terhadap pengamanan kilang," tuturnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.