Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mampu Bangkitkan Ekonomi, Airlangga Bakal Capres Idaman Masyarakat

Sabtu, 4 Maret 2023 19:30 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI), Agusta Irawan berharap agar Pilpres 2024 menjadi Pemilu yang menarik dan penuh pertarungan gagasan serta ide dan tanpa membawa politik identitas dan hoaks.

Karena itu JJI melakukan jajak pendapat masyarakat untuk mengukur kecenderungan masyarakat, dalam memilih partai politik dan tokoh bakal capres pada pemilu 2024.

Menurut hasil survei ini, bursa calon presiden masih didominasi oleh lima nama yakni Airlangga Hartarto , Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, dan Anies Baswedan.

Baca juga : ACC Serahkan Bantuan Ambulans untuk Masyarakat Cirebon

"Dalam survei ini nama Airlangga Hartarto menempati urutan pertama dalam tingkat elektabilitas tokoh tokoh kandidat capres jika pilpres digelar saat ini. Tingkat elektabilitas Ketua Umum Golkar, itu sebesar 24,1 persen. Di urutan kedua ada Prabowo Subianto yang mencatatkan tingkat elektabilitasnya sebesar 18,1 persen," kata Agusta dalam keterangannya, Sabtu (4/3).

Sementara, Ganjar Pranowo yang belum ada kepastian memiliki tiket untuk maju di Pilpres berada di urutan ketiga dengan tingkat elektabilitas sebesar 12,6 persen.

Sedangkan Anies Baswedan di urutan keempat dengan tingkat elektabilitas sebesar 8,2 persen.

Baca juga : Airlangga Ajak Bos WEF Ciptakan Lapangan Kerja

"Kemudian Puan Maharani dengan tingkat elektabilitas 6,4 persen secara berurutan ada nama Andika Perkasa 5,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,2 persen, Muhaimin Iskandar 2,7 persen," tambahnya.

Dari hasil survei ini terkait keterpilihan tokoh jika Pilpres digelar hari ini ada hubungan yang kuat terkait keinginan dan harapan masyarakat terhadap presiden yang diinginkan.

Tingginya tingkat elektabilitas Airlangga Hartarto karena Menko Perekonomian itu masuk sebagai katagori tokoh yang diinginkan oleh mayoritas responden.

Baca juga : Program TPBIS Perpusnas Sukses Angkat Ekonomi Masyarakat

Responden menginginkan tokoh bakal capres sebagai Presiden yang mampu menghadapi krisis seperti ancaman krisis perekonomian saat adanya pandemi Covid-19, serta memiliki program populis yang nyata dirasakan oleh rakyat seperti saat Airlangga diberi tugas oleh Presiden Jokowi dalam menanggulangi Corona dan memulihkan ekonomi nasional akibat dampak Covid-19.

"Ada program Prakerja, bansos, dan bantuan UMKM," papar dia.

Ada pun survei JJI menargetkan populasi warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Jumlahnya sebanyak 2.080 responden dipilih yang tersebar di 34 provinsi dengan metode multistage random sampling. Juga sebanyak 1900 respoden berpendidikan SMA, universitas. Sementara 100 respoden berpendidikan SMP dan sebanyak 80 respoden berpendidikan SD. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.