Dark/Light Mode

Cek Sembako

Puan Makin Dekat Rakyat

Senin, 6 Maret 2023 08:00 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi Pasar Indralaya di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. (Foto: Istimewa).
Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi Pasar Indralaya di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhir pekan ini, Ketua DPR Puan Maharani mengisi kegiatan dengan berada dekat dengan rakyat. Politisi banteng itu blusukan di pasar untuk mengecek harga sembako yang biasanya melonjak jelang bulan Ramadan.

Lokasi yang dikunjungi Puan adalah Pasar Indralaya di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Mengenakan pakaian berwarna hitam, cucu mendiang Bung Karno itu blusukan ke pasar. Menanyakan harga sembako, dan berdialog dengan sejumlah pedagang.

Para pedagang, seperti Haji Soim yang memiliki kios sembako pun tak segan mengadu tentang kenaikan harga bahan pangan seperti telur dan beras pada Puan. “Ada kenaikan Bu, sekarang,” curhat Haji Soim, didengarkan Puan.

Baca juga : Diet 100 Hari Santap Makanan Cepat Saji

Pedagang lain dan pembeli juga ikut menyampaikan keluhan. Seperti kelangkaan minyak goreng program Pemerintah, yakni Minyakita. Puan berjanji, akan berkoordinasi dengan Pemerintah.

“Itu juga yang tadi saya pantau, tentu saja saya akan langsung berkomunikasi dengan Pemerintah, kenapa di beberapa daerah hilang dari peredaran. Jadi memang harus ada koordinasi antara Pemerintah daerah dan pusat. Saya akan bawa masalah ini ke Jakarta,” janji Puan.

Dalam kunjungan tersebut, Puan juga menyalurkan bantuan berupa seribu paket beras kepada pedagang toko, pedagang kaki lima, hingga sopir becak motor. Ia juga menyempatkan membeli beberapa kue tradisional, serta memeriksa infrastruktur Pasar Indralaya.

Baca juga : KCIC Gembleng Ratusan Pegawai Operasikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Secara khusus, mantan Menko PMK itu menyoroti sarana dan prasarana yang dinilai perlu ditingkatkan. Seperti perbaikan jalan di pasar, serta drainase atau saluran air. Menurut Puan, kondisi pasar yang becek dapat mengganggu aktivitas jual-beli di Pasar Indralaya.

“Saya rasa perlu pasar ini direhab atau renovasi, agar paling tidak menjadi pasar yang lebih bersih, lebih nyaman. Dan ini menjadi tugas Pemda, walaupun saya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar menjadikan pasar ini lebih layak bagi penjual dan tentu juga untuk masyarakat,” kata Puan.

Aksi Puan yang berkunjung ke pasar mendapatkan pujian dari pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio. Menurutnya, sebagai Ketua DPR, sudah seharusnya Puan dekat dengan rakyat dan menyerap aspirasinya.

Baca juga : TACO Dukung Pembangunan Proyek IKN Nusantara

“Dia harus mendengarkan rakyat, karena dia Ketua DPR,” ulas pria yang akrab disapa Hensat ini.

Di dunia maya, ternyata aksi Puan juga mendapat respon positif dari warganet. “Mba Puan Maharani emang selalu mendengarkan rakyat dan bahkan memberikan solusi. Ini baru kerja detail peduli sama rakyat,” puji @hasanahkuh. “Luar biasa energi Ibu Puan dalam kerja politik. Semoga ibu diberi kesehatan oleh Allah. Amiin allahumma amin,” ucap @gugun_dian. “Senang sekali dengan kunjungan Mba Puan Maharani. Semoga pasar direnovasi,” harap @ritasari4447.

“Mba Puan joss merakyat,” cetus @azka.ayulutfiah. Disambut banget di sana ya Bu Puan Maharani,” sahut @kurnatarawangsa. “Selalu ada cerita menarik kalau kunjungan Bu Puan Maharani,” aku @bantengjepang. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.