Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Waka BPIP Kenalkan Salam Pancasila Ke Mahasiswa Pascasarjana IPDN

Senin, 6 Maret 2023 17:26 WIB
Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Karjono (ketiga kiri). (Foto: Ist)
Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Karjono (ketiga kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Karjono mengenalkan Salam Pancasila kepada mahasiswa pascasarjana IPDN.

Hal itu dilakukan pada acara diskusi tentang "Tantangan dan Strategi Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional", kepada mahasiswa pascasarjana IPDN, Sabtu (4/3). 

Dia mengatakan, salam kemerdekaan yang dibuat oleh Megawati Soekarno Putri merupakan salam kebangsaan yang sudah dilakukan oleh Presiden pertama, Soekarno. 

Baca juga : Bikin Program Internalisasi Pancasila, BPIP Apresiasi Pemkot Surakarta

"Salam Pancasila merupakan pekikan yang dilakukan agar masyarakat mengingatkan masyarakat akan jiwa nasionalis yang cinta pada negeri," kata dia.

Karjono mengaku, Pancasila merupakan nilai yang harus dipahami terlebih dahulu. Menurutnya, pemahaman nilai-nilai Pancasila harus lebih utama dipahami karena terdapat 4 nilai yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Adapun empat nilai tersebut, yaitu Nilai Kebenaran, Keindahan, Kebaikan, dan Religius. Keempat nilai tersebut apabila sudah ditanamkan didalam hati, maka semua apa yang kita lakukan dalam melayani masyarakat akan lebih enak menjalankannya," jelasnya.

Baca juga : PMN Pendukung Ganjar Dorong Peran Mahasiswa Makassar Memajukan Desa

Lulusan S3 Universitas Padjajaran itu mengatakan, mahasiswa teladan yang menjadi contoh dimasyarakat nantinya. Dia berpesan lebih baik menjadi orang baik dan pintar dalam menjalankan tugasnya apabila sudah selesai menjalankan pendidikan di IPDN.

"Lebih baik menjadi orang baik tapi tidak pintar daripada menjadi orang pintar tapi tidak baik. Tapi saya mengakui bahwa mahasiswa IPDN ini merupakan orang baik dan pintar," ungkapnya.

Selain itu, strategis nasional yang akan dihadapi nantinya merupakan suatu tantangan yang harus dijalankan serta dihadapkan mahasiswa lulusan IPDN. Tantangan tersebut merupakan suatu tantangan paham radikal yang sudah mulai terlihat ditengah masyarakat.

Baca juga : Waka BPIP Kenalkan Salam Pancasila Ke Mahasiswa UT

"Maka dari itu, kaum milenial seperti mahasiswa harus lebih ditekankan memahami nilai-nilai Pancasila," paparnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.