Dark/Light Mode

Dinilai Mampu Kerek Ekonomi, Elektabilitas Airlangga Ungguli Sri Mulyani

Selasa, 7 Maret 2023 11:01 WIB
Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Panel Survei Indonesia (PSI) melakukan jajak pendapat terkait tokoh-tokoh yang dianggap memiliki kemampuan dan teruji dalam hal pengelolaan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat secara nasional.

Hasilnya nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi yang paling dipercaya.

"Nama Airlangga Hartarto paling banyak disebut oleh 69,3 persen responden, lalu disusul Sri Mulyani 59,6 persen, kemudian Prabowo Subianto 57,7 persen, Puan Maharani 17,3 persen, kemudian Ganjar Pranowo 10,9 persen, Anies Baswedan 7,8 persen, dan tokoh lainnya hanya disebut mampu mengelola perekonomian nasional di bawah 7 persen suara responden," kata Direktur Eksekutif PSI, Ahmad Loksukon, dalam keterangannya, Selasa (7/3).

Hasil survei ini juga menunjukan tingkat penilaian, kesukaan, serta keterpilihan tokoh-tokoh jika Pemilihan Presiden 2024 digelar hari ini, dengan didasarkan pada harapan dan keinginan masyarakat tentang sosok penerus pemerintahan Jokowi.

Baca juga : Mampu Bangkitkan Ekonomi, Airlangga Bakal Capres Idaman Masyarakat

"Maka sebanyak 29,6 persen responden menilai dan menyukai serta memilih Airlangga sebagai pengganti dan penerus Jokowi. Kemudian di urutan kedua ada nama Prabowo Subianto yang dinilai, disukai, dan dipilih oleh 20,9 persen responden," ujarnya.

Dalam survei ini juga terpotret persepsi dan penilaian masyarakat tentang loyalitas dan dukungan partai politik yang memiliki kursi di DPR kepada Jokowi. Di mana hasil survei menemukan sebanyak 88,4 persen responden menilai dan mempersepsikan partai Golkar paling loyal dan mendukung pemerintahan Jokowi.

Kemudian di urutan kedua PDI Perjuangan dinilai oleh 79,7 persen sebagai parpol yang loyal dan mendukung pemerintahan Jokowi. Lalu PKB dinilai oleh 70,7 persen responden loyal dan mendukung pemerintahan Jokowi.

Gerindra dinilai oleh 56,7 persen responden loyal dan mendukung pemerintahan Jokowi. PPP dinilai oleh 50,7 persen responden loyal dan mendukung pemerintahan Jokowi, dan NasDem 20,4 persen responden loyal dan mendukung pemerintahan Jokowi dan PAN.

Baca juga : Survei IPS: Diendorse Jokowi, Elektabilitas Prabowo Melesat

"PKS dan Demokrat tingkat loyalitasnya terhadap pemerintahan Jokowi hanya dinilai tidak lebih 10 persen responden," tutur dia.

Lebih lanjut, Loksukon menyatakan terkait persepsi dan penilaian yang berimbas pada pilihan masyarakat terhadap parpol jika diminta untuk memilih parpol mana yang akan dipilih bila Pileg digelar hari ini.

Maka pilihan tertinggi pada Golkar yang dipilih oleh sebanyak 20,4 persen. Kemudian urutan kedua PDIP yang dipilih oleh sebanyak 17,8 persen, Gerindra 14,7 persen, Demokrat 7,6 persen, PKS 6,7 persen, NasDem 6,3 persen, PKB 5,1 persen.

"Perindo 4,2 persen, PPP 3,2 persen, PAN 2,1 persen, parpol lainnya tingkat keterpilihannya jika digabung hanya 3,8 persen dan yang tidak memilih 8,1 persen," papar dia.

Baca juga : Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Naik di Kalangan Milenial

Ada pun dalam penelitian ini penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dan melibatkan 1888 responden yang tersebar di 440 kabupaten/lota di Indonesia pada 21 Februari-3 Maret 2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.