Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Jika Maju Sebagai Cawapres, Erick Thohir Bakal Untungkan Partai Pengusung

Minggu, 12 Maret 2023 18:03 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapat banyak dukungan untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat politik Amir Faisal menilai Erick Thohir jadi pilihan utama masyarakat dalam Pilpres 2024 sebagai cawapres. Bahkan, hal ini juga dinilai menguntungkan untuk koalisi partai pengusung.

"Untuk posisi cawapres, di sinilah peran Erick Thohir yang berlatar belakang profesional dari kalangan rakyat dan rekam jejaknya sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf akan bisa menjadi perekat di antara partai pengusung," ujarnya, Minggu (12/3).

Baca juga : Benteng Persatuan Rakyat Mantap Jagokan Erick Thohir, Ini 3 Alasannya

Menurut Amir, sosok Erick Thohir merupakan pemimpin dari kalangan profesional atau independen yang bisa menjadi jalan tengah atau titik temu partai koalisi pengusung untuk Pilpres 2024 mendatang.

Erick Thohir yang juga ketua umum PSSI ini pun berpengalaman dalam mengonsolidasikan koalisi parpol pengusung sebagai Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 lalu.

"Erick Thohir bisa menjadi solusi sebagai titik temu antara koalisi partai, ia bisa menjadi perwakilan semua partai, apalagi kedekatannya dengan semua partai pengusung seperti terlihat selama ini," lanjutnya.

Baca juga : Pro Rakyat, Pengamat Nilai Erick Thohir Sosok Yang Dibutuhkan Indonesia

Selain itu, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini juga dinilai punya elektabilitas tinggi sebagai cawapres. Secara basis wilayah, berdasarkan sejumlah survei cawapres, elektabilitas Erick cukup kuat dan merata di seluruh Pulau Jawa.

Terutama, di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DKI Jakarta. Sementara untuk Jawa Barat, Erick Thohir menempati posisi ketiga.

Erick Thohir juga memiliki panggung strategis sebagai Ketum PSSI dan menteri BUMN. Hal tersebut menjadikan banyak ruang gerak yang luas bagi Erick Thohir.

Baca juga : Relawan Satset Dukung Erick Thohir Berlaga Di Pilpres 2024

Sehingga, dia mampu menjangkau lebih banyak pemilih ketika diusung menjadi cawapres karena panggungnya menjangkau secara nasional.

"Erick Thohir bisa menjadi cawapres yang akan sangat mendongkrak suara," tandas Amir. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.