Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2022, Wali Kota Bandung Pede Raih WTP

Selasa, 14 Maret 2023 20:33 WIB
Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2022, Wali Kota Bandung Pede Raih WTP

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited tahun anggaran 2022 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jabar, di Kantor BPK Jabar, Selasa (14-3-2023).

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan, LKPD tersebut akan diaudit BPK dalam beberapa hari ke depan.

"Kapan hasilnya? Itu tergantung BPK. Seminggu akan diperiksa dulu oleh BPK laporan keuangan yang sudah tadi kita serahkan. Kira-kira BPK akan memilih poin mana saja yang nanti akan didalami," ujar Yana.

Baca juga : Mendagri Ingatkan Pemda Buatkan Anggaran Antisipasi Bencana

Setelah melakukan pemeriksaan dan audit, BPK akan memberikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) berisi temuan-temuan rekomendasi perbaikan untuk seluruh Pemerintah Daerah.

"LHP yang diserahkan oleh BPK setiap tahun itu tentunya harus kita tindak lanjuti. Sebenarnya rekomendasi LHP itu harusnya 100 persen dipenuhi. Tapi ada toleransi sekian persen. Itu termasuk kemarin yang dilakukan pemeriksaan awal. Itu kewajiban kita menindaklanjuti LHP tahun lalu dari BPK juga," jelasnya.

Yana optimistis pada LKPD tahun anggaran 2022, Pemkot Bandung akan menyabet kembali WTP seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga : Seruan Dukung Ganjar Pranowo 2024 Berkumandang Di Pesta Rakyat Indramayu

Jika pada laporan tersebut BPK kembali memberikan WTP, maka ini merupakan kelima kalinya LKPD Pemkot Bandung mendapatkan WTP.

"Harus yakin akan WTP lagi karena kita sudah menerapkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel sesuai dengan standar akuntansi dan regulasi. Kan ikhtiar mah harus," ungkapnya.

Penanggung Jawab BPK Jabar, Paula Henry Simatupang mengatakan, terdapat minimal 7 laporan yang akan menjadi penilaian dalam LKPD.

Baca juga : Dukung Kondusivitas Di Jalanan, Ganjar Milenial Kota Bandung Gandeng Valvoline Racing Team

Di antaranya Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (Laporan Perubahan SAL), Neraca, Laporan Operasional (LO), Laporan Arus Kas (LAK), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

"Kami berharap laporan ini telah disusun sesuai dengan standar. Sehingga tingkat keyakinan Pemda atas laporan keuangan tersebut jadi lebih tinggi," ujar Paula.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.