Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tolak Hasil Musra Sumut, Relawan: Prabowo Pilihan Rakyat!

Rabu, 15 Maret 2023 19:21 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil vote elektronik Musyawarah Rakyat (Musra) XVIII Relawan Jokowi di Medan, Sumatera Utara sudah diumumkan hari ini, Rabu (15/3), setelah sebelumnya dilaksanakan pada Sabtu (11/3), di Selecta Convention Hall Jalan Listrik Medan.

Hasilnya, nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan kedua. Beberapa relawan menolak hasil ini.

"Kami menolak hasil vote yang diumumkan panitia. Ini jelas jauh dari realita saat Musra kemarin," tegas Ketua Relawan Almisbat Sumut, Zulkarnain, Rabu (15/3). 

Baca juga : Airlangga-Prabowo Ketat, Mahfud Kembali Jadi Cawapres Teratas

Sebab, menurutnya, pada Musra kemarin terlihat, banyak peserta berpihak pada sosok Prabowo Subianto. Malah, dia mengklaim, nama Menteri Pertahanan itu paling banyak disebut dan diteriakkan peserta Musra.

"Kenyataannya Prabowo kalah vote, kami menilai ada pernainan dalam hasil vote yang diumumkan," ucapnya.

"Berarti panitia telah bersikap curang, tidak fair karena realitanya Prabowo yang paling banyak dipilih," tuding Ustadz Zul, demikian dia sering disapa.

Baca juga : Debut Tampil Bareng, Idealnya Prabowo Capres, Ganjar Cawapres

Mewakili pengurus relawan lain, Ketua Relawan Buruh Sahabat Jokowi Sumut, TM Yusuf juga menyatakan menolak hasil vote tersebut. Dia keberatan karena hasil vote elektronik dinilainya tidak sesuai fakta di arena Musra.

"Kami yang hadir di Musra Sumut tahu bahwa pilihan rakyat jatuh pada sosok Prabowo Subianto. Sementara panitia mengumumkan hasil vote pemenangnya nama lain, jelas kami tolak," tegasnya. 

Kekecewaan juga disampaikan peserta lain yang hadir pada Musra, Rafika Duri dan Jasmaini. Mereka juga menuding, panitia telah disetir pihak lain sehingga berlaku tidak fair dengan memainkan hasil vote elektronik.

Baca juga : Tolak Proporsional Tertutup, Paloh Khawatir Bisa Timbulkan Gesekan

Sebelumnya Musra diikuti 17 Relawan Nasional Jokowi untuk menentukan bakal calon presiden (Capres) yang akan direkomendasikan.

Peserta Musra Sumut antara lain Relawan Buruh Sahabat Jokowi, Projo, Sekber Jokowi Nusantara, Almisbat, Seknas Jokowi, Bara JP, KAPT, RKIH, GK, Duta Jokowi, Gapura, Kornas Jokowi, KIB, Indek, RPJB, serta Jaman. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.