Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Ketua MK Lagi

Anwar Usman Menang Tipis

Kamis, 16 Maret 2023 08:00 WIB
Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih periode 2023-2028 Anwar Usman (kiri) dan Saldi Isra (kanan) saling berjabat tangan usai pemilihan di gedung MK, Jakarta, Rabu (15/3/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa).
Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih periode 2023-2028 Anwar Usman (kiri) dan Saldi Isra (kanan) saling berjabat tangan usai pemilihan di gedung MK, Jakarta, Rabu (15/3/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jabatan Anwar Usman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) lanjut lagi. Dalam proses pemilihan yang berlangsung dramatis, Anwar akhirnya menang tipis dari pesaingnya, Arief Hidayat. Dengan demikian, adik ipar Presiden Jokowi itu bakal kembali menjabat sebagai Ketua MK untuk 5 tahun ke depan.

Pemilihan di gelar di Gedung MK, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, kemarin. Sembilan hakim MK kemudian melakukan voting untuk menentukan siapa yang akan dipilih untuk menempati posisi ketua.

Adapun 9 hakim MK adalah Anwar Usman, Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, Suhartoyo, Manahan Sitompul, Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, dan Guntur Hamzah.

Baca juga : Ketum IMI Dukung Penyelenggaraan Mandilka Racing Experience

Anwar menjadi yang pertama memberikan suara dalam voting ini. Kemudian disusul Arief Hidayat, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh dan Enny Nurbaningsih.

Selanjutnya Manahan M. P. Sitompul, M. Guntur Hamzah, Saldi Isra, Suhartoyo, dan terakhir Wahiduddin Adams. Setelah itu dilanjutkan penghitungan suara.

Hasilnya, Anwar dan Arief ternyata mendapatkan skor yang sama. 4 hakim memilih Anwar, 4 lagi memilih Arief sedangkan 1 hakim memilih abstain. Karena skor imbang 4-4, akhirnya dilakukan voting kedua.

Baca juga : DKI Pastikan Kebutuhan Dasar Korban Kebakaran Plumpang Terpenuhi

Namun, hasil yang diperoleh dalam voting kedua ini tetap tidak berubah. Anwar dan Arief masing-masing kembali mendapat 4 suara dan 1 abstain. Terpaksa, 9 hakim MK kembali melakukan voting ulang alias ketiga.

Barulah pada voting ketiga ini, Anwar unggul 1 suara dari Arief. Anwar dapat 5 suara, sedangkan Arief mendapat 4 suara. Karena selisih 1 suara, akhirnya Anwar ditetapkan sebagai Ketua MK.

Setelah Ketua MK sudah terpilih, acara dilanjutkan dengan pemilihan wakil ketua. Dalam pemilihan ini, sembilan hakim konstitusi menyepakati Saldi Isra menjadi Wakil Ketua MK untuk periode 2023-2028.

Baca juga : Rupiah Awal Pekan Melemah Tipis

Saldi memperoleh lima suara, unggul atas Daniel Yusmic Foekh yang memperoleh tiga suara. Sementara satu orang tidak memberikan hak pilihnya alias abstain. Setelah proses pemilihan selesai, agenda selanjutnya adalah pengucapan sumpah jabatan Anwar Usman dan Saldi Isra yang akan digelar pada Senin, 20 Maret 2023.

Usai terpilih sebagai Ketua MK, Anwar menyampaikan kata sambutan untuk pertama kalinya. Dia pun berkelakar bahwa dirinya menang secara dramatis.

“Seperti yang rekan-rekan saksikan tadi pelaksanaan demokrasi di Mahkamah Konstitusi itu luar biasa. Bagaimana pemilihan untuk Wakil Ketua itu satu putaran, untuk Ketua sampai tiga putaran,” kata Usman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.