Dark/Light Mode

Sikap Jokowi Tegas & Keras Soal U20

Jangan Campur Aduk Bola Dengan Politik

Selasa, 28 Maret 2023 20:24 WIB
Sikap Jokowi Tegas & Keras Soal U20 Jangan Campur Aduk Bola Dengan Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan sikap Indonesia, di tengah polemik keikutsertaan Israel di Piala Dunia U20, yang dijadwalkan pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Menurutnya, Indonesia adalah negara yang konsisten, serta teguh memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. Mendukung penyelesaian two states solution, negara Israel dan negara Palestina merdeka.

"Sesuai konstitusi, Indonesia menolak penjajahan dalam bentuk apa pun. Ini selalu kita sampaikan dalam berbagai forum bilateral, multilateral, atau forum internasional lainnya," papar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia melalui proses bidding. Melalui proses seleksi panjang.

Baca juga : Telurkan Piagam Kerja Sama, Dukungan Untuk Anies Kian Kokoh

Pada proses akhir, ada tiga kandidat negara: Brazil, Indonesia, dan Peru.

Saat itu, semua pihak bekerja keras bersama-sama. Agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Hingga akhirnya, pada Oktober 2019, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah U20 oleh FIFA.

"Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia. Karena kita mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U20. Penyelenggaraan event olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia," tutur Jokowi.

Dia bilang, saat ditunjuk menjadi tuan rumah, kita belum tahu, negara mana saja yang akan menjadi peserta. Karena masih berada dalam tahap pra kualifikasi.

Baca juga : Usia 49 Tahun, Grand Sahid Jaya Hadirkan Program “Berbuka Bersama” Dengan Nuansa Indonesia

Kepastian timnas Israel mengikuti Piala Dunia U20, baru diketahui pada Juli 2022.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel, tidak ada kaitannya dengan konsistensi, politik luar negeri kita terhadap Palestina. Selalu kokoh dan kuat," tegas Jokowi.

Dalam urusan Piala Dunia U20 ini, Indonesia sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk RI. Bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya.

"Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan politik," tandas Jokowi.

Baca juga : Ketua MPR Tegaskan, Sangat Prematur Ributkan Wacana Penundaan Pemilu

 Saat ini, FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap timnas Israel di Piala Dunia U20.

Namun, pemerintah dan PSSI, masih terus berusaha agar ada solusi terbaik.

"Untuk itu, saya telah mengutus Ketua Umum PSSI Pak Erick Thohir. Bertemu dengan tim FIFA untuk mencari solusi terbaik," pungkas Jokowi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.