Dark/Light Mode

Almarhum Eril Sah Jadi Sarjana Teknik Mesin ITB, Kang Emil Hadiri Wisuda In Absentia

Sabtu, 8 April 2023 15:01 WIB
Almarhum Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril, putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil diwisuda secara in absentia di ITB, Bandung, Sabtu (8/4). (Foto: tangkapan layar)
Almarhum Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril, putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil diwisuda secara in absentia di ITB, Bandung, Sabtu (8/4). (Foto: tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucap syukur. Hari ini, Sabtu (8/4), mendiang putra pertamanya: Emmeril Kahn Mumtaz yang akrab disapa A Eril diwisuda sebagai Sarjana Teknik Mesin dan Dirgantara ITB secara in absentia.

Kang Emil mengambil sendiri ijazahnya, mewakili almarhum Eril, yang masuk ITB tahun 2017.

"Sekian bulan setelah wafatnya, ITB mengadakan 2 kali sidang untuk menguji tugas akhirnya, yang memang secara substansi sudah selesai. Diuji kelayakannya untuk lulus," kata Kang Emil via Instagram, Sabtu (8/4).

"Perlu digarisbawahi, kami sekeluarga tidak meminta ini. Karena sudah kami ikhlaskan semua hak/urusannya di dunia ini," imbuhnya.

Baca juga : Bulan Ramadan, Saudi Minta Warganya Tak Buang-Buang Nasi dan Kurma

Kang Emil menjelaskan, proyek skripsi almarhum Eril adalah seputar upaya menciptakan teknologi scanning penyakit kulit menggunakan kamera HP, yang kemudian dibaca oleh machine learning

Setelah sidang pertama di fakultas, hasilnya diuji lagi oleh beberapa Guru Besar atau Profesor.

"Hasilnya, alhamdulillah dinyatakan memenuhi syarat standar ketat ITB," tutur Kang Emil, yang juga alumnus ITB.

Di penghujung postingannya, Kang Emil menulis ucapan khusus untuk almarhum putranya. Dia bangga, atas semua pencapaian mendiang Eril dalam hidupnya.

Baca juga : Pabrik Baru Mowilex di Cikande Mampu Kurangi Emisi Karbon hingga 7 persen

"Dear A Eril, Bahkan setelah kamu berpulang pun, Allah SWT masih menyayangimu dengan memberikan kemuliaan dan kehormatan kepadamu nak. Selamat ya A. Kami semua bangga sama kamu. Al Fatihah dan doa terbaik kami kirimkan untukmu," pungkas Kang Emil.

Postingan ini pun banjir ucapan syukur dari netizen. Hingga berita ini diturunkan, postingan itu menuai hampir 560 ribu tanda like dan lebih dari 6.700 komentar.

Nabila Ishma Nurhabibah, mantan kekasih Eril, ikut mengucap syukur.

"Alhamdulillah, salah satu mimpi Eril bisa terwujud. Al Fatihah," tulis @nabilaishma, yang masih memasang foto profil kebersamaannya dengan Eril di akun Instagramnya, Sabtu (8/4).

Baca juga : Airlangga: Pakai Jas Kuning, Kang Emil Makin Ganteng Dan Cerah

Sementara itu, ada beberapa komentar yang menanyakan, apakah perlu sidang Tugas Akhir (TA), jika mahasiswanya sudah berpulang.

Terkait hal tersebut, @dede.edun yang juga alumnus Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB memaparkan pandangannya.

"Sangat perlu. Apalagi, jika penelitiannya menyangkut hajat hidup org banyak. Jika tidak diuji, bagaimana kita tahu tingkat keberhasilannya. Jika tidak diuji, juga tidak akan terpublikasi di perpustakaan ITB. Semangat Kang Emil, Al Fatihah untuk almarhum Eril," tutur @dede.edun.

"Selamat wisuda Eril.. hari ini kami di ITB sedang merayakannya.. termasuk merayakan wisuda Eril juga.. salam Ganesha Ril.. untuk Tuhan, bangsa, dan Almamater.. Al Fatihah," sambungnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.