Dark/Light Mode

Jokowi: Prabowo Cawapres Potensial Ganjar Pranowo

Sabtu, 22 April 2023 14:01 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ganjar Pranowo melaksanakan salat Idulfitri 1444 Hijriah di Masjid Raya Sheikh Zayed, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (22/4). (Foto; Ist)
Presiden Joko Widodo dan Ganjar Pranowo melaksanakan salat Idulfitri 1444 Hijriah di Masjid Raya Sheikh Zayed, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (22/4). (Foto; Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan tokoh potensial untuk menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) bagi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan sebagai bacapres.

“Nah termasuk Pak Prabowo (bacawapres potensial Ganjar),” kata Jokowi usai shalat Id di Masjid Syeikh Zayed, Kota Solo, Jateng, Sabtu (22/4).

Selain Prabowo, Jokowi menyebut sejumlah tokoh lain yang cocok mendampingi Ganjar dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Sebut saja, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menko Polhukam Mahfud Md.

Baca juga : OSO: Pencapresan Ganjar Sesuai Hati Nurani

“Banyak. Ada Pak Erick, Pak Sandiaga Uno, kan banyak kan. Ada Pak Mahfud, ada Pak Ridwan Kamil, banyak. Siapa lagi? Ada Cak Imin, ada Pak Airlangga,” katanya.

Jokowi mengatakan, nama bacawapres nanti akan diputusakan oleh partai. Jokowi meminta masyarakat menunggu keputusannya.

Sementara itu, Ganjar yang mendampingi Jokowi salat id menyebut bacawapres adalah urusan partai melalui ketua umumnya. Setelah penguman capres, kata Ganjar, akan ada koordinasi antar partai.

Baca juga : Resmi Dicapreskan Banteng, Ganjar Mantap Teruskan Program Jokowi

“Nanti kalau pasangan kan urusan partai, jadi di sini antar partai kan semuanya akan berkoodinasi, kerjasama, lirik-lirikan, ngobrol, ngopi. Ketua umum sudah diperintahkan nanti partai yang meng-organize,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, ini adalah momentum bagi partai-partai untuk mengkonsolidasikan kekuatan politiknya. Untuk PDIP, Ganjar mengatakan semuanya tegak lurus pada keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Istilah di PDI Perjuangan tegak lurus. Kalau sudah tegak lurus kemarin saya lihat teman-teman mewancarai banyak kawan-kawan si daerah DPD siap tegak lurus, DPC siap, PAC, Ranting, Satgas semuanya,” kata Ganjar.

Baca juga : Pesan Jokowi: Kalau Ketemu Lansia, Sebaiknya Pakai Masker

Ganjar mengatakan, dirinya mendapatkan lebih dari 4 ribu pesan masuk setelah diumumkan menjadi bacapres PDI Perjuangan. Ganjar pun memohon doa kepada masyarakat untuk kelancaran proses selanjutnya.

“Saya mendapatkan ini baru 4.600-an wa nya, jadi belum semuanya saya balas satu per satu. Belum semuanya, mohon doanya,” tutur Ganjar.

Sebelumnya, Megawati mengumumkan Ganjar bacapres PDIP di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat (Jabar). Megawati mengungkapkan bahwa sebelum mengumumkan Ganjar Pranowo bacapres PDI Perjuangan, dia menggunakan akal budi dan mata hati. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.