Dark/Light Mode

Indeks UV Tertinggi Pukul 12 Hingga 15, Jangan Lupa Pakai Tabir Surya

Selasa, 25 April 2023 10:23 WIB
Ilustrasi suhu panas (Foto: Istimewa)
Ilustrasi suhu panas (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suhu udara yang panas, kerap dikaitkan dengan fluktuasi radiasi ultraviolet (UV) sinar matahari.

Besar kecilnya radiasi UV yang mencapai permukaan bumi, memiliki indikator nilai indeks UV.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut, indeks ini dibagi menjadi beberapa kategori: 0-2 (Low), 3-5 (Moderate), 6-7 (High), 8-10 (Very High), dan 11 ke atas (Extreme).

Baca juga : Jangan Sampai Ada Praktik Transaksional

Secara umum, pola harian indeks ultraviolet berada pada kategori Low di pagi hari, mencapai puncaknya pada kategori High, Very High, sampai dengan Extreme, ketika intensitas radiasi matahari paling tinggi di siang hari antara pukul 12.00 hingga 15.00 waktu setempat; dan bergerak turun kembali ke kategori Low di sore hari.

Pola ini bergantung pada lokasi geografis dan elevasi suatu tempat, posisi matahari, jenis permukaan, dan tutupan awan.

"Tinggi rendahnya indeks UV tidak memberikan pengaruh langsung pada kondisi suhu udara di suatu wilayah," kata Dwikorita dalam keterangannya, Selasa (25/4).

Baca juga : Jangan Kampanye Di Tempat Ibadah!

Untuk wilayah tropis seperti Indonesia, pola harian seperti itu rutin dapat teramati dari hari ke hari secara rutin, meski tidak ada fenomena Gelombang Panas.

Faktor cuaca lainnya, seperti berkurangnya tutupan awan dan kelembapan udara, dapat memberikan kontribusi lebih terhadap nilai indeks UV.

Untuk lokasi dengan kondisi umum, cuacanya diprakirakan cerah-berawan pada pagi sampai dengan siang hari. Serta dapat berpotensi menyebabkan indeks UV pada kategori Very High dan Extreme pada siang hari.

Baca juga : Anggota BPH Migas: Tolong, Yang Mampu, Jangan Pakai BBM Subsidi

"Masyarakat jangan panik menyikapi informasi UV harian tersebut. Ikuti dan laksanakan imbauan respon bersesuaian, yang dapat dilakukan untuk masing-masing kategori index UV. Seperti menggunakan perangkat pelindung atau tabir surya, apabila beraktivitas di luar ruangan.

BMKG memberikan layanan informasi cuaca dan iklim 24 jam, melalui website https://bmkg.go.id, media sosial @infoBMKG, aplikasi iOS dan android Info BMKG, Call Center BMKG (196), atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.