Dark/Light Mode

Halal Bihalal Di Teuku Umar

Jokowi-Mega Begitu Hangat

Jumat, 28 April 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) halal bihalal Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di kediaman Megawati Soekarnoputri, jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis (27/4/2023). (ANTARA FOTO/Monang/mrh/nz).
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) halal bihalal Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di kediaman Megawati Soekarnoputri, jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis (27/4/2023). (ANTARA FOTO/Monang/mrh/nz).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melakukan halal bihalal dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, kemarin. Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Mega tampak begitu hangat.

Pertemuan Jokowi dan Mega dilakukan di rumah Mega di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta. Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09.45 WIB. Jokowi hadir bersama Ibu Negara, Iriana.

Jokowi mengenakan batik lengan panjang berwarna cokelat. Sedangkan Iriana, mengenakan kebaya berwarna ungu dengan setelan kainnya.

Baca juga : Halal Bihalal, Jokowi Dan Megawati Bahas Dinamika Ganjar Capres

Kedatangan Jokowi dan Iriana langsung disambut Mega di teras rumah. Mega didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Presiden ke-5 RI itu terlihat mengenakan terusan motif bunga berwarna pink. “Maaf lahir bathin bu,” ucap Jokowi, seraya bersalaman dengan Mega. “Enggih,” jawab Mega.

Kemudian Mega bersalaman plus cipika-cipiki dengan Iriana. Sembari tangan Mega mengusap punggung Iriana. Jokowi dan Iriana lalu menyalami Hasto sambil menuju ruang tamu.

Pertemuan dilanjutkan hanya bertiga. Mega duduk sendiri, sedangkan Jokowi dan Iriana berada di depannya. Perbincangan mereka tampak cair, diselingi beberapa senyuman yang menandakan suasana hangat.

Baca juga : Halal Bihalal Di Semua Kantor Pemerintah Boleh Setelah 2 Mei

Kurang lebih satu jam, Jokowi dan Iriana bertemu dengan Mega. Sebelum meninggalkan kediaman, Iriana mengajak Mega berfoto. Mega pun memegang erat tangan Iriana.

Sebelum masuk ke mobil, Mega bercerita tentang putra Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Jan Ethes.

“Waktu nikah Kaesang kan ada. Terus ngeliatin. Ingat gak, gitu aku. Panggil eyang, uyut. Terus, ingat gak Bung Karno? Ingaat, begitu,” tutur Mega, mengenang dialognya dengan Jan Ethes.

Baca juga : 5 Hari Di Jateng, Jokowi 6 Kali Bareng Ganjar

“Kalau ke Istana saja, dia ngelihat patung Bung Karno sama lukisan Bung Karno,” kaya Jokowi, sambil menuju mobil.

Namun, keduanya tidak memberikan keterangan apa saja yang dibahas dalam pertemuan halal bihalal itu.

Sementara, Hasto mengatakan, kedatangan Jokowi dan Iriana untuk melakukan halal bihalal yang merupakan ciri khas Indonesia saat peringatan Idul Fitri. Dari sejarahnya, halal bihalal merupakan upaya yang digagas Bung Karno, bersama Rais Syuriah PBNU KH Abdul Wahab, pada 1948.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.