Dark/Light Mode

Prof Tjandra Bagikan 8 Tips Cegah Masalah Kesehatan Akibat Cuaca Panas

Minggu, 30 April 2023 13:52 WIB
Prof Tjandra Rekomendasikan 8 Tips Cegah Masalah Kesehatan Akibat Cuaca Panas
Prof Tjandra Rekomendasikan 8 Tips Cegah Masalah Kesehatan Akibat Cuaca Panas

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama memberikan beberapa tips kepada publik, agar terhindar dari masalah kesehatan akibat cuaca panas, yang temperaturnya diperkirakan naik antara April dan Mei.

Tips ini, kata Prof Tjandra sesuai dengan yang dianjurkan oleh National Center of Environmental Health Amerika Serikat. Setidaknya ada 8 tips yang bisa dipertimbangkan untuk menghindari akibat buruk dari cuaca panas.

"Pertama, sedapat mungkin kita batasi kegiatan di luar ruangan, khususnya bila mungkin hindari saat tengah hari dimana matahari sedang panas-panasnya," sebut Prof Tjandra dalam keterangannya kepada RM.ID, Minggu (30/4).

Baca juga : Mahfud Bersaing Dengan Airlangga Dan Cak Imin

Kedua, minum  air lebih banyak dari biasa. Jangan tunggu haus baru minum, minumlah sering-sering. Karena kurang minum, jelasnya dapat berhubungan dengan gejala keram di otot yang bukan tidak mungkin merupakan gejala awal dari gangguan kesehatan akibat cuaca panas.

Ketiga, gunakan pakaian yang berwarna cerah dan relatif longgar

"Keempat, jangan sampai meniggalkan anak-anak di dalam mobil. Hal ini sudan beberapa kali kita dengar terjadi, dan tentu masalahnya akan lebih berat kalau memang cuaca sedang panas di bulan Mei ini," sambungnya.

Baca juga : Koalisi Besar Ditentukan Pasca Lebaran

Kelima, kalau akan olahraga di luar ruangan maka pilihlah waktu yang tidak terlalu panas, mungkin di pagi hari atau sore hari, bahkan malam. Lakukan aktifitas fisik secara bertahap, misalnya mulai bersepeda pelan-pelan dulu dan baru setelahg beberapa waktu menggenjot lebih cepat.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara ini juga menyarankan agar sedapat mungkin akan baik kalau lebih banyak berada dalam ruangan yang terlindung. Pendingin ruangan sebagai tips keenam tentu membantu walau tidak mutlak, kalau toh tidak dirumah maka dapat di kendaraan umum, gedung perkantoran atau mall dan lainnya.

Ketujuh, laniutnya, bila memang cuaca amat panas maka mandi dengan air dingin tentu akan membantu, dan baik dilakukan.

Baca juga : Bandara Kertajati Berangkatkan Jemaah Umrah Untuk Ketiga Kalinya

"Ke delapan, ikuti perkembangan berita terakhir tentang cuaca panas di daerah kita, tentu dari sumber-sumber terpercaya. Jadi prinsip dasarnya adalah “stay cool, stay hydrated, and stay informed," pungkas Prof Tjandra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.