Dark/Light Mode

Kepulauan Sitaro Kini Punya Gedung Perpustakaan Representatif

Kamis, 11 Mei 2023 13:14 WIB
Peresmian Gedung Perpustakaan Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (11/5). (Foto: Dok. Perpusnas)
Peresmian Gedung Perpustakaan Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (11/5). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, yang berjarak 146 kilometer dari Manado, kini telah memiliki perpustakaan umum yang representatif. Gedung perpustakaan setinggi tiga lantai tersebut dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2021 senilai Rp 10 miliar. Gedung tersebut diresmikan Bupati Sitaro Evangeline Sasingen bersama Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Kamis (11/5).

Evangeline mengatakan, keberadaan perpustakaan, khususnya di daerah kepulauan, sangat dibutuhkan. Karena perpustakaan merupakan salah satu sarana penting untuk mengembangkan kualitas manusia. “Kualitas manusia adalah modal kemajuan dan keberhasilan pembangunan,” ujarnya.

Kondisi saat ini yang serba internet, tambah Evangeline, telah membentuk persepsi seolah-olah perpustakaan tidak lagi diperlukan. Namun, kemudahan internet yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja tidak mampu membentuk kepribadian seseorang, utamanya anak-anak. 

Beda halnya ketika berada di dalam perpustakaan, mereka diajarkan tentang sosialisasi. Ketika seseorang bersosialisasi dia akan mengembangkan yang telah menjadi potensi pengetahuan dan kemampuan dirinya.

Baca juga : Kepala BNPT Puji Gibran, Perhatian Ke Mitra Deradikalisasi

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menambahkan, peresmian gedung perpustakaan adalah upaya pemerintah membangun aksesibilitas dalam rangka memenuhi kebutunan pengetahuan dan infomasi masyarakat. “Kemajuan peradaban mewajibkan perpustakaan turut bertransformasi. Mengubah paradigma sehingga tidak lagi terlihat eksklusif, melainkan inklusif,” imbuh Syarif Bando.

Perpustakaan adalah rumah masyarakat untuk beraktivitas, menciptakan inovasi, membangun peradaban, sehingga dapat berubah ke arah yang lebih baik. Menuju kehidupan yang lebih sejahtera.  

Pada kesempatan Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar mengatakan, perpustakaan adalah hak masyarakat dan masuk agenda prioritas pembangunan RPJMN 2020-2024. Yakni pembangunan yang inklusi berbasis pada manusia (human capital).

Maka, peranan perpustakaan adalah menjamin agar masyarakat Indonesia bisa mencipta, mengakses, memanfaatkan sumber informasi dan pengetahuan untuk peningkatan kualitas hidupnya. “Knowledge is power. Pengetahuan adalah kekuatan,” kata Adin.

Baca juga : Kepala Perpusnas Resmikan Gedung Perpustakaan Dairi, Sumut

Paradigma baru mengharuskan perpustakaan sebagai ruang terbuka publik, tempat belajar konstekstual, berbagi pengalaman, dan medium meningkatkan keterampilan. “Tidak ada negara maju tanpa kebiasaan membaca didalamnya karena dengan membaca seseorang didorong kreatif, berinovatif, dan produktif," tambah Adin. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sulawesi Utara Arsipan Nani mengatakan, ukuran parameter kemajuan suatu di daerah dilihat dari tiga aspek. Pertama, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencakup pendidikan, termasuk perpustakaan di dalamnya. Kedua, kesehatan. Ketiga, pendapatan per kapita masyarakat.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) IPM Sulawesi Utara pada 2022 ada di angka 73,81. Sedangkan untuk Kabupaten Kepulauan Sitaro berada pada level sedang, yakni 68,94. Maka itu, perpustakaan bukan lagi sebagai simbol tempat membaca. Banyak capaian dari program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS) yang terbukti berhasil mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

“Keberhasilan program TPBIS tampak dari yang sudah dilakukan Perpustakaan Desa Lehi di Kabupaten Kepulauan Sitaro yang menghasilkan produk kerajinan tangan dari kerang dan manisan pala, atau pembuatan mebel yang merupakan binaan dari Perpustakaan Desa Leilem di Kabupaten Minahasa,” ungkap Arsipan.

Baca juga : Pergerakan Kendaraan Di Puncak Arus Balik Ke-2 Lancar Dan Terkendali

Di sela-sela kegiatan peresmian, Kepala Perpusnas menyerahkan stimulan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Minahasa Selatan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.