Dark/Light Mode

Survei Capres

Ganjar-Prabowo Salip-Menyalip

Jumat, 19 Mei 2023 08:00 WIB
(Foto: Twitter @ganjarpranowo)
(Foto: Twitter @ganjarpranowo)

 Sebelumnya 
Selain itu, dia menyebut pemilihan sekarang sudah cerdas. Mengetahui kemampuan calon pemimpin yang dipilihnya. “Kami melihat baik relawan Ganjar dan Jokowi bahwa Ganjar adalah pilihan terbaik apa yang sudah dibangun Jokowi,” tegas dia.

Sementara, politisi Gerindra, Dahnil Anzar Simanjuntak sesumbar siapapun lawannya Prabowo akan tetap perkasa. “Kami yakin Pak Prabowo akan menang lawan siapa saja, karena pemilih sudah melihat kerja nyata Pak Prabowo, serta sikap negarawan beliau,” jelas Dahnil saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Survei Indikator: Ganjar Ungguli Prabowo Di 3 Pasangan Capres-Cawapres

Menurut dia, Indonesia butuh pemimpin tegas dan lugas. Dan itu adalah Prabowo. “Publik yakin untuk 5 tahun ke depan sosok seperti Pak Prabowo paling dibutuhkan RI,” cetus dia.

Persepi Awasi Lembaga Survei

Baca juga : Ganjar Dekati 40 Persen

Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) ikut mengawasi survei capres yang mulai bermunculan. Ketua Persepi, Philip J Vermonte mengingatkan, kepada lembaga survei untuk mengeluarkan hasil survei yang sesuai dengan prosedur ilmiah yang benar. Jangan melakukan penyimpangan data.

“Di kita itu ada mekanisme untuk memverifikasi melakukan standar ilmiah yang benar,” sebut Philip.

Baca juga : Survei Charta: Pemilih Jokowi-Maruf 61 Persen Pilih Ganjar, Prabowo Hanya Kebagian 18 Persen

Lalu, ia bercerita, organisasinya pernah menghukum tiga lembaga survei lantaran memiliki hasil berbeda saat melakukan hitung cepat pada Pilpres 2014 lalu. Hasilnya, mayoritas lembaga survei menyatakan pasangan Jokowi-JK unggul dibandingkan dengan Prabowo-Hatta. “Yang tujuh bilang Pak Jokowi menang, yang tiga bilang Pak Prabowo. Semuanya anggota Persepi. Jadi ruwet nih urusan,” bebernya, mengisahkan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.