Dark/Light Mode

Wapres Imbau Masyarakat Berhati-Hati Dalam Transaksi Digital

Selasa, 23 Mei 2023 22:30 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meresmikan pembukaan Asia Media Summit (AMS) ke-18 Tahun 2023 di Grand Hyatt Bali,
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meresmikan pembukaan Asia Media Summit (AMS) ke-18 Tahun 2023 di Grand Hyatt Bali,

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi digital, tidak hanya menjelang konser Coldplay, namun juga berlaku untuk seluruh pembelian agar masyarakat dapat waspada dan lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi.

“Saya kira bukan hanya soal tiket Coldplay, tapi semuanya. Masyarakat harus berhati-hati untuk tidak mudah tertipu,” ujar Wapres dalam keterangannya kepada awak media usai meresmikan pembukaan Asia Media Summit (AMS) ke-18 Tahun 2023 di Grand Hyatt Bali, Kawasan Wisata Nusa Dua BTDC, Jl. Nusa Dua, Benoa, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (23/5).

Lebih lanjut, Wapres menyebutkan, transaksi keuangan secara digital berpotensi terjadinya penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Baca juga : Wapres Pastikan Program Tol Langit Terus Lanjut

“Dalam semua hal, di transaksi-transaksi keuangan juga yang menggunakan digital, ini memang banyak penipuan-penipuan,” sebut Wapres.

Pada kesempatan sama, Wapres juga meminta keterlibatan pengawasan dari para pihak yang berwenang, untuk bersama-sama mengawal mencegah terjadinya penipuan dan meningkatkan sistem keamanan transaksi keuangan.

“Dan kedua, pengawasan dari pihak yang bertanggung jawab, atau dari otoritas supaya hal-hal seperti ini tidak punya kesempatan terjadi,” kata Wapres mengingatkan.

Baca juga : Usbat Ganjar Berikan Pelatihan Tahtim Dan Tahlil Di Medan

Terakhir, Wapres meminta para pemangku kepentingan, agar dalam penyelenggaraan acara dapat mengambil langkah preventif dengan melakukan pengawasan sejak dini.

“Sehingga pengawasannya sejak mulai, ketika itu sudah akan diluncurkan, itu sudah harus mulai dilakukan pengawasan dan adanya sistem pencegahan kemungkinan terjadinya penipuan seperti ini,” tutupnya.

Turut mendampingi Wapres ketika memberikan keterangan pers hari ini, Gubernur Bali Wayan Koster, Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Iman Brotoseno, dan CEO Asia-Pacific Institute for Broadcsating Development (AIBD) Philomena Gnanapragasam. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.