Dark/Light Mode

Prabowo Resmikan 11 Titik Air Bersih Di Sumbawa, Anak-anak Riang: Sumber Air Sudah Dekat!

Minggu, 28 Mei 2023 22:02 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat bercengkrama dengan anak-anak di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Minggu (28/5) saat meresmikan 11 titik air bersih. Foto: Tim Media Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat bercengkrama dengan anak-anak di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Minggu (28/5) saat meresmikan 11 titik air bersih. Foto: Tim Media Prabowo Subianto

RM.id  Rakyat Merdeka - Buah karya Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan para pakar Universitas Pertahanan (Unhan) berhasil menghadirkan 11 titik air bersih di Sumbawa

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang hendak meresmikan air bersih itu, disambut riang gembira oleh warga. Terutama anak-anak, Minggu (28/5).

“Terima kasih Pak Prabowo sudah datang di tempat kami. Akhirnya sumber air sudah dekat. Terima kasih,” ucap anak-anak di Sumbawa kepada Prabowo.

Anak-anak tersebut pun berebut menarik tangan Prabowo untuk bersalaman secara langsung dan mengucapkan rasa terima kasih.

Baca juga : Wow, Raihan Emas Indonesia Di Kamboja Terbanyak Dalam Sejarah SEA Games

Prabowo menyambut anak-anak masyarakat Sumbawa tersebut dengan pelukan hangat. ia juga sempat menjajal air bersih yang mengalir di salah satu titik tersebut untuk mencuci muka. 

Di momen itu, anak-anak pun dengan riang gembira bermain air bersama Prabowo hingga baju yang dikenakan basah. Mereka juga berpelukan bersama.

Sebelumnya, pada pertengahan Februari 2023 lalu, Prabowo juga telah mengunjungi Lombok, NTB untuk memastikan bantuan Kemhan di 20 titik desa yang kekurangan air bersih dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Potensi Air Bersih Cukup Besar

Prabowo menjelaskan, potensi air bersih yang dimiliki oleh Indonesia sangatlah besar. Karena itu, dari 31 titik air di NTB yang sudah berjalan dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat akan terus diperluas jangkauannya.

Baca juga : Pengadaan Gerbong Kereta Sudah Urgent

“Di Pulau Moa kita juga sudah ditemukan 11 titik air yang sudah produksi. Jadi di Pulau Moa, NTB, Sumbawa di Lombok Timur terus tim kita mencari air dan ngebor, produksi pipanisasi, kata Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus ini juga menjelakan bahwa pihaknya juga tengah mencoba teknik baru mencari sumber air bersih di lepas pantai. Karena ternyata banyak sungai-sungai bawah tanah. 

"Dari bawah tanah keluarnya di lepas pantai, air bersih. Ini potensi yang sangat luar biasa,” lanjutnya.

Teknik baru itu, kata Prabowo sudah dicoba di Lombok Timur. Air lepas pantai yang keluar ditangkap dan dibawa dengan pipa ke daratan.

Baca juga : Bamsoet Resmikan Pembukaan Jurnal Risa Coffe Atrium Jakarta

Atas keberhasilan ditemukannya titik sumber mata air ini, Prabowo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim Universitas Pertahanan serta Kementerian Pertahanan. Karena menurutnya, air adalah sumber kehidupan yang utama bagi seluruh masyarakat. 

Dengan ditemukannya beberapa sumber mata air baru ini, tentu dapat mengurangi krisis air bersih di wilayah timur Indonesia. 

“Ke depan, seluruh dunia akan mengalami tiga ancaman krisis. Yang pertama krisis pangan, krisis energi, dan krisis air,” ujar Prabowo.

Prabowo memberikan instruksi kepada Universitas Pertahanan untuk membentuk tim yang bertugas melakukan pencarian titik sumber air bersih di wilayah tersebut. Tim yang telah bekerja sejak September 2022 tersebut berhasil menemukan sumber air bersih di desa-desa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.