Dark/Light Mode

Cakap Digital, Training Guru Dan Tenaga Pendidik Digelar Di Denpasar

Minggu, 11 Juni 2023 20:58 WIB
Training literasi digital bagi Guru dan Tenaga Pendidik yang digelar Kemenkominfo dan Diskominfo kota Denpasar. (Foto: Istimewa)
Training literasi digital bagi Guru dan Tenaga Pendidik yang digelar Kemenkominfo dan Diskominfo kota Denpasar. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurutnya, sekolah dibutuhkan untuk mendukung pemberdayaan literasi digital di kalangan guru. Dengan begitu generasi muda dapat bersaing sehingga meningkatkan ekonomi digital.

Sementara itu, Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso menyampaikan bahwa Gerakan Nasional Literasi Digital sudah bergulir sejak 2019.

"Target di segmen pendidikan tahun ini sebanyak 250.000 insan pendidikan yang terpapar literasi digital melalui Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan," ujar Bambang.

Baca juga : Takeda Komitmen Menurunkan Angka Kematian Akibat Demam Berdarah

Menurutnya, untuk mencapai target tersebut perlu kolaborasi dari semua pihak, dalam pelaksanaan literasi digital.

"Kami mohon kolaborasi dapat dijalani dengan baik, dukungan dari kota Denpasar sangat dibutuhkan untuk menyasar sekolah dan perguruan tinggi di Denpasar," ujar Bambang.

Kegiatan diisi juga seminar yang diisi pemateri dari Kepala Diskominfo Kota Denpasar, IB Alit Adhi Merta; Ketua Umum Relawan TIK (RTIK) Indonesia dan Pandu Digital Utama, Fajar Eri Dianto; Mafindo perwakilan Bali, Indria Trisni Puspita; dan I Wayan Putra Sanjaya.

Baca juga : Moeldoko Serahkan Bantuan Pendidikan Dan Kesehatan Di Tana Toraja

Hadir pula Kepala Bidang Kurikulum dan Pembinaan SMP Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar.

Adhi Mertta menekankan pentingnya etika di internet, jangan sampai membuat orang merasa tidak nyaman atau menyenggol perasaan orang.

Tentunya Digital Safety juga penting, lakukanlah hal yang paling sederhana seperti ubah password secara berkala, jangan sampai keamanannya jebol,” jelas Adhi Merta.

Baca juga : Penting! Pemahaman Digitalisasi Jadi Penunjang Kerja Tenaga Kesehatan

Sementara itu Fajar Eri Dianto dalam materi Netizen Produktif Makin Cakap Digital, menyampaikan bahwa teknologi tidak menjerumuskan, bahkan masyarakat yang melek digital akan menaikkan image Indonesia di mata dunia.

“Tujuan mengerti teknologi bukan hanya untuk membuat kita pintar, tetapi juga untuk anak-anak didik menjadi lebih baik.” ujar Fajar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.