Dark/Light Mode

Rampung Agustus 2023, KSP Cek Proges Pekerjaan Bendungan Cipanas

Rabu, 21 Juni 2023 16:01 WIB
Tenaga Ahli Utama Kedeputian I KSP, Helson Siagian, saat meninjau proyek Bendungan Cipanas, di Kabupaten Sumedang, Rabu (21/6).
Tenaga Ahli Utama Kedeputian I KSP, Helson Siagian, saat meninjau proyek Bendungan Cipanas, di Kabupaten Sumedang, Rabu (21/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Cipanas di kabupaten Sumedang, Jawa Barat, ditargetkan rampung pada Agustus 2023. 

Bendungan yang mempunyai daya tampung 250 juta meter kubik tersebut, untuk menyokong ketahanan air dan pangan nasional, serta diharapkan menjadi destinasi wisata baru.

“Lanskap pemandangannya indah, aksesnya juga mudah dan terhubung langsung dengan tol Cipali atau tol Cisumdawu,” kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden,  Helson Siagian saat meninjau proyek Bendungan Cipanas, Rabu (21/6).

Baca juga : Lampaui Target Laba 2022, PLN Nusantara Power Perkuat Kerja Sama Investasi

Helson mengatakan, sebenarnya secara umum konstruksi bendungan sudah hampir selesai. Namun masih ada pekerjaan-pekerjaan pendukung yang perlu dikebut agar bendungan dapat segera difungsikan. Seperti pembangunan jalan akses dan jalan inspeksi, penataan kawasan, serta pembersihan area genangan. 

“Selain itu lahan pada area genangan juga masih dalam proses pembebasan,” ujarnya. 

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung, Dwi Agus Kuncoro menjelaskan, keberadaan Bendungan Cipanas akan mendukung irigasi pertanian seluas 9.273 hektare, menyediakan air baku sebesar 850 liter per detik, mereduksi banjir, dan menghasilkan potensi tenaga listrik hingga 3 MW. 

Baca juga : 17 Tahun Adiwiyata, Saksi Perkembangan Pendidikan Lingkungan Hidup di Indonesia

Penggenangan (impounding) bendungan ini sendiri, sambung dia, sudah dilakukan secara bertahap sejak 19 Mei 2023. 

“Bendungan ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di tiga kabupaten. Yakni, Indramayu, Sumedang, dan Majalengka,” terang Dwi Agus Kuncoro. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman berharap, Presiden Jokowi segera meresmikan Bendungan Cipanas agar dampak positifnya bisa dirasakan bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat sekitar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.