Dark/Light Mode

Puncak Harlah PMII Ke-63

Gus Abe Minta Kader Teruskan Estafet Kepemimpinan Nasional

Jumat, 23 Juni 2023 22:14 WIB
Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri saat puncak acara Harlah PMII Ke-63 yang berlangsung di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (23/6). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri saat puncak acara Harlah PMII Ke-63 yang berlangsung di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (23/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Puncak Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ke-63 berlangsung meriah. Puncak acara yang berlangsung di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (23/6) ini dihadiri lebih dari 20 ribu kader PMII dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri (Gus Abe) dalam sambutannya mengingatkan, kader PMII harus mampu menggerakkan sendi berbangsa dan bernegara. Selain itu, kader diminta terus menjaga semangat persatuan Indonesia.

"Saya optimistis, 20 ribu kader PMII yang hadir di aini, mampu jadi aktor penggerak nusantara," kata Gus Abe saat sambutan.

Sejak didirikan, kader PMII terus berdiri di garis terdepan dalam perjalanan pembangunan bangsa. Dia pun yakin, kader maupun alumni PMII akan melanjutkan estafet kepemimpinan negeri ini.

Baca juga : Menko PMK: Gerakkan UMKM, Entaskan Ketimpangan Ekonomi

"Saya mengajak, semua kader membesarkan dan memenangkan pergerakan. Kaderisasi harus lebih baik. Intelektualitas, inovasi dan kreatifitas kader mesti diperbaiki," tandasnya.

Puncak Harlah dihadiri Menteri Desa Abdul Halim Iskandar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya, hingga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka serta seluruh alumni PMII lintas profesi baik di eksekutif, legislatif, akademisi maupun profesional. Hadir pula Habib Umar Al-Muthohar.

Gus Abe juga mengucapkan terima kasih atas antusiasme dan sambutan hangat warga Surakarta, khususnya kepada Wali Kota Gibran Rakabuming.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan penuh dari Mas Gibran Rakabuming yang mengizinkan dan membantu kami mempersiapkan giat Harlah PMII ke-63. Terima kasih Sahabat Gibran, saya panggil Sahabat karena pernah pakai jaket Banser. Beliau ini pemimpin muda yang jadi inspirasi para pemuda di PMII," ucapnya.

Baca juga : Sekjen LHK Ajak Generasi Muda Gaungkan Kepemimpinan Transglobal

Wakil Ketua DPR yang sekaligus juga Ketua Majelis Pembina Nasional PMII Muhaimin Iskandar juga sempat memberikan arahannya dari Arab Saudi melalui video. Diketahui, Gus Muhaimin tak bisa datang karena tengah berangkat haji.

Selanjutnya, Prabowo juga sempat memberikan sambutan di depan puluhan kader PMII. Prabowo mengajak ribuan kader PMII yang hadir untuk berjuang demi kemakmuran negara.

"Kita bisa menjadi negara makmur. Dengan dukungan kalian kita akan berhasil. Selamat berjuang, ingat sejarahmu, ingat sumbangan pendahulumu untuk bangsa dan negara. Bangsa menanti bakti dan darma kalian," pekiknya.

Ia mengatakan, usia 63 tahun merupakan usia yang cukup panjang dalam pengabdian pada negara. "Saudara (Kader PMII, red.) harus bangga dengan prestasi pendahulu saudara, tokoh nasional, almarhum Zamroni, Hasyim Muzadi. Tokoh yang banyak jasanya pada negara dan bangsa," katanya.

Baca juga : KSP Harap PT Pertagas Miliki Peta Jalan Untuk Capai Net Zero Emission

Prabowo menambahkan, di saat kritis dalam perjalanan kehidupan berbangsa, PMII sebagai bagian dalam keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) tampil dan berkali-kali menyelamatkan hidup bangsa dan negara.

"Saya yakin dari saudara akan lahir pemimpin bangsa yang akan berjuang, mengabdi, dan berbuat yang terbaik untuk kelangsungan hidup bangsa," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.