Dark/Light Mode

Jokowi Beli Sapi 1,1 Ton Untuk Kurban Di Surabaya, Harganya Rp 115 Juta

Rabu, 28 Juni 2023 12:13 WIB
Bupati Lumajang Thoriqul Haq tengah, saat mengecek sapi kurban Jokowi di Desa/Kecamatan Sumbersuko, bersama Kapolres Lumajang dan Komandan Kodim 0821 Lumajang. (Foto: Diskominfo Lumajang/Antara)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq tengah, saat mengecek sapi kurban Jokowi di Desa/Kecamatan Sumbersuko, bersama Kapolres Lumajang dan Komandan Kodim 0821 Lumajang. (Foto: Diskominfo Lumajang/Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi membeli sapi jenis limosin berusia 3 tahun 8 bulan, untuk hewan kurban seberat 1,1 ton lebih dari peternak sapi bernama Bahrowi Yahya, warga Desa Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Harganya Rp 115 juta. 

Tinggi sapi bernama Gesbi itu, mencapai 159 cm. Dengan panjang 190 cm dan lingkar dada 250 cm.

"Alhamdulillah, sapi saya dibeli Pak Presiden Jokowi dengan harga yang layak. Saya senang. Nggak menyangka sapi saya dibeli Pak Jokowi," kata Bahrowi di Lumajang, seperti dikutip ANTARA, Rabu (28/6).

Baca juga : Pelakunya Diapain?

Gesbi terpilih sebagai hewan kurban Presiden Jokowi, melalui rangkaian seleksi dengan sejumlah sapi yang berada di berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur, yang memiliki kategori sesuai sapi kurban presiden.

"Sapi saya lolos seleksi sebagai hewan kurban presiden. Ukurannya jumbo. Kesehatannya prima. Sapi itu akan dikurbankan di Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, untuk warga Jawa Timur," katanya.

Terkait hal ini, Bupati Lumajang Thoriqul Haq memastikan, sapi Gesbi yang dibeli Presiden Jokowi, berada dalam kondisi sehat. 

Baca juga : Pegawai KPK ini Ketahuan Potong Duit Perjalanan Dinas, Kantongi Rp 550 Juta

Hal ini disampaikan Thoriqul, saat mengunjungi peternakan milik Bahrowi di Desa/Kecamatan Sumbersuko, bersama Kapolres Lumajang dan Komandan Kodim 0821 Lumajang.

"Sapi itu sudah diperiksa kesehatannya. Sapi limosin tersebut dirawat dengan sepenuh hati oleh pemiliknya, sehingga ukurannya jumbo dan sehat," kata bupati yang akrab disapa Cak Thoriq.

Berdasarkan hasil tes laboratorium, sapi Gesbi tidak cacingan, negatif penyakit kuku dan mulut, serta aman dari penyakit kulit berbenjol/LSD. Sehingga, aman untuk hewan kurban, dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Baca juga : Honda CT125 Tampil Lebih Modern, Harganya Rp 81 Jutaan

Pagi ini, sapi Gesbi dikirim dari Lumajang ke Surabaya, untuk menjadi hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (29/6).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.