Dark/Light Mode

Meski Disebut Ingusan

Gibran Pernah Masuk Bursa Cagub DKI Versi Indikator

Kamis, 29 Juni 2023 07:58 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Foto: Istimewa
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanudin Muhtadi mengomentari pernyataan politisi senior PDI Perjuangan Panda Nababan yang menyebut Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai politisi ingusan.

Dia khawatir pernyataan Panda akan melukai perasaan pendukung Jokowi. "Pernyataan Panda tersebut bisa disalahpahami pendukung Jokowi sebagai underestimate terhadap Gibran," kata Burhanudin Muhtadi, Kamis (29/6).

Menurut Burhan, pernyataan Panda bakal merembet ke mana-mana. Juga bisa berdampak serius bagi elektoral PDIP di Pemilu 2024 mendatang.

"Apalagi belakangan pendukung Jokowi, terutama yang bukan pemilih PDIP, mulai beralih ke Prabowo Subianto," tambahnya.

Bahkan, kata Burhan, amat memungkinkan juga menggerus suara Capres PDIP Ganjar Pranowo.

Baca juga : PAM Jaya Kudu Perbanyak Bangun Reservoir Komunal

"Penggunaan kata ingusan yang disematkan ke Gibran bisa menambah pelik situasi, dan mendorong migrasi loyalis Jokowi non-PDIP beralih dari Ganjar," jelas pengamat politik bergelar profesor itu.

Sebelumnya, dalam simulasi delapan nama calon gubernur (Cagub) DKI Jakarta yang dirilis Indikator pada 11 Mei 2023, Gibran menempati urutan keempat.

Suami Selvi Ananda itu mengantongi elektabilitas 10,3 persen. Mengungguli politisi berpengalaman seperti Ahmad Sahroni (8,1 persen), mantan Wagub DKI Ahmad Riza Patria (5,4 persen), dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (0,8 persen).

Hasil survei tersebut senada dengan kinerja Gibran di daerah yang juga dikenal dengan sebutan Surakarta itu. Gibran pernah memamerkan capaian pertumbuhan ekonomi Solo pada 2022 yang diprediksi tertinggi se-Jawa Tengah.

Bahkan angka pertumbuhan ekonomi Solo tahun itu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga : Resmi Dibuka, Kedai Kendi Ireng Ramaikan Pasar Kopi Indonesia

"Nanti bulan Februari dari Bank Indonesia atau BPS mengeluarkan data pertumbuhan ekonomi. Kemarin sih kami yakini, kami prediksi pertumbuhan ekonomi kita paling tinggi se-Jateng dan di atas rata-rata pertumbuhan nasional," jelas Gibran, beberapa waktu lalu.

Saat ini, Gibran sedang bekerja keras memperbanyak destinasi atau ruang-ruang baru untuk penyelenggaraan berbagai event musik. Seperti konser Dream Theater yang digelar di Area Parkir Stadion Manahan Solo, Agustus 2022 lalu.

Kemudian pada Maret 2023 ada konser grup band asal Inggris, Deep Purple, bersama band legendaris Indonesia God Bless. Hal itu diharapkan bisa semakin mendongkrak pertumbuhan ekonomi Solo.

Namun, Gibran mengakui, Solo masih mempunyai banyak kekurangan untuk bisa memaksimalkan potensi konser musik. Namun secara bertahap berbagai kekurangan itu ditutup.

"Kami kan lagi memulai semua. Kami lagi memperbanyak destinasi-destinasi baru. Kemarin Mas Anas mendatangkan Dream Theater, besok Deep Purple di Edutorium UMS," imbuhnya.

Baca juga : Mendagri: Pembangunan Perbatasan Harus Dengarkan Masukan Daerah

Salah satu upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan potensi konser musik di Solo, menurut Gibran, yakni dengan revitalisasi Lokananta yang saat ini sedang berjalan.

"Ke depan kami ingin mengejar ketertinggalan dari kota lain. Kalau Yogyakarta, Jakarta, kan venue-nya sudah setel. Kami ingin memperbanyak ruang seperti itu," pungkas Gibran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.