Dark/Light Mode

Sebut 3 Tantangan Berat Akibat Perubahan Iklim, Ini Imbauan LHK Di ICCEF 2023

Kamis, 6 Juli 2023 20:49 WIB
Sebut 3 Tantangan Berat Akibat Perubahan Iklim, Ini Imbauan LHK Di ICCEF 2023

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengajak masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam mengatasi berbagai tantangan yang harus dihadapi akibat perubahan iklim. 

Ajakan itu disampaikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari, Agus Justianto di acara Climate Change Expo and Forum (ICCEF) 2023, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/7). 

Agus menyampaikan bahwa dunia saat ini menghadapi triple planet challenges, yakni perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan polusi. Ketiganya saling terkait dan sangat mendesak untuk diatasi.

"Di tengah krisis tersebut, tidak ada pilihan lain selain bekerja sama. Menjadi panggilan kita semua untuk melakukan akselerasi aksi-aksi nyata memerangi tantangan dimaksud,” kata Agus di pameran yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 9 Juli 2023 itu.

Baca juga : Hadapi Sejumlah Tantangan, Keberadaan BPR Masih Jadi Andalan UMKM Tanah Air

Ia menambahkan, Indonesia saat ini terus berupaya memimpin agenda pengendalian perubahan iklim. Dalam dokumen Peningkatan Kontribusi yang Ditentukan Secara Nasional (Enhanced NDC), Indonesia menargetkan penurunan emisi sebesar 31,89 persen dengan dukungan nasional dan 43,20 persen dengan dukungan internasional, dibandingkan dengan target sebelumnya yaitu 29 persen dan 41 persen secara berturut-turut. 

Selaras dengan itu, Indonesia juga bertujuan mencapai emisi karbon yang seimbang (net zero emission), di mana jumlah emisi karbon yang diserap setara atau lebih besar dari emisi yang dihasilkan.

Salah satu langkah yang diambil adalah melalui program Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, yang berfokus pada pengurangan emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya. 

Program ini, jelasnya, didasarkan pada pengelolaan hutan lestari, tata kelola lingkungan, dan tata kelola karbon. Tujuan dari Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030 adalah mencapai penurunan emisi gas rumah kaca sebesar -140 juta ton CO2e pada tahun 2030.

Baca juga : Pertamina Ajak Generasi Muda Peduli Pada Perubahan Iklim

Agus melihat ICCEF 2023 dengan tema "Collaboration For Ambitious FOLU Net Sink and Local Leadership Actions" adalah manifestasi semangat dan optimisme bersama dalam mempercepat implementasi pengendalian perubahan iklim di Indonesia. 

Ia menyebut acara ini sebagai momentum efektif untuk mengedukasi publik dan menyebarkan informasi mengenai keberhasilan Indonesia melalui kolaborasi semua pihak, termasuk pemerintah.

"Kolaborasi ini diharapkan membangun keselarasan langkah dalam mengawal isu-isu perubahan iklim terutama dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya,” harapnya.

Sebagai informasi, ICCEF 2023 diikuti oleh lebih dari 120 instansi yang terdiri dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perusahaan swasta, BUMN dan investasi, NGO/organisasi dan perguruan tinggi. 

Baca juga : Cermati Isu Perubahan Iklim, Indonesia Akselerasi Kebijakan Energi Hijau

Tidak ketinggalan komunitas masyarakat, pelaku eco-living, serta pengamat dan pemerhati lingkungan hidup dan perubahan iklim dari seluruh Indonesia.

ICCEF 2023 merupakan rangkaian kegiatan menuju agenda internasional 28th Conference of the Parties United Nations Framework Convention on Climate Change (COP28 UNFCCC) tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Dubai, UEA. 

 

“Perjuangan pengendalian perubahan iklim Indonesia menjadikan ICCEF ini sebagai bagian tidak terpisahkan sekaligus menempatkan sosialisasi persiapan delegasi Indonesia menuju COP28 UNFCCC,” tutup Agus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.