Dark/Light Mode

Raih Kembali Opini WTF Tertinggi Dari BPK

Walkot Tangerang: Ini Berkat Kerja Sama Semua Pihak

Jumat, 7 Juli 2023 15:45 WIB
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah saat memimpin Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah saat memimpin Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menyampaikan laporan Keuangan Tahun Anggaran 2022 yang disusun berdasarkan standar akuntansi pemerintahan berbasis aktual dan telah dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dari hasil audit, Pemerintah Daerah Kota Tangerang mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian alias WTP untuk yang Keenam belas (16) kalinya secara berturut-turut.

Arief menyampaikan hal ini pada agenda Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang dalam rapat penyampaian tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 dan Empat Raperda, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang.

Baca juga : Bakal Penuhi Panggilan Kejagung, Menpora: Ini Terkait Nama Baik Saya

Rapat yang dihadiri Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, Ketua DPRD Gatot Wibowo, didampingi Wakil DPRD Kosasih dan Tengku Iwan serta unsur Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan perwakilan Kepala Dinas (OPD) dan Camat se-Kota Tangerang.

“Opini WTP ini merupakan opini tertinggi dari BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah,” ujar Arief dalam keterangannya, Jumat (7/7).

Arief berterima kasih kepada Ketua DPRD Kota Tangerang, unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Tangerang atas kontribusi, komitmen dan dukungannya dalam menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang tertib, akuntabel dan sesuai ketentuan.

Baca juga : Rieke Kawal Ketat Pengelolaan Dana Jaminan Sosial Nasional

Meskipun Pemerintah Daerah Kota Tangerang telah mempertahankan Opini WTP yang ke Enam Belas (16) kalinya, lanjut Arief, namun tidak membuat pihaknya berpuas diri akan tetapi menjadi pemicu bagi Pemerintah Daerah Kota Tangerang dalam pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Terima kasih kepada semua pihak, sehingga pembangunan di Kota Tangerang dapat tercapai sesuai dengan keinginan kita bersama dan harapan masyarakat,” ujar Arief.

Sebagai informasi, dalam laporan pertanggungjawaban, Wali Kota Tangerang memaparkan realisasi penerimaan pendapatan daerah mencapai Rp.4,27 triliun atau sebesar 100,63 persen.

Baca juga : Nicke: Ini Bukan Akhir, Tapi Awal Pencapaian

Pada tahun 2022 anggaran pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp.4,24 triliun.

Sementara upaya dalam pengelolaan pendapatan daerah dan belanja daerah selama Tahun Anggaran 2022, Pemerintah Daerah Kota Tangerang memiliki sisa lebih pembayaran anggaran alias Silpa sebesar Rp.502 miliar.

Terkait laporan Pertanggungjawaban atas laporan Keuangan Daerah oleh Wali Kota Tangerang ini, Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengapresiasi langkah dan pencapaian Pemerintah Daerah Kota Tangerang dalam pengelolaan keuangan daerah Tahun Anggaran 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.