Dark/Light Mode

LSI Denny JA: Airlangga Cawapres Terkuat Untuk Isu Ekonomi

Senin, 10 Juli 2023 20:20 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - LSI Denny JA mencatat Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi Cawapres terkuat di bidang ekonomi.

Berdasarkan hasil riset terbaru LSI Denny JA periode 30 Mei hingga 12 Juni 2023, delapan bulan menjelang Pilres 2024, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, masih unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Elektabilitas Prabowo Subianto tercatat sebesar 34,3 persen, Ganjar Pranowo 32,7 persen, dan Anies Baswedan 22,1 persen. Elektabilitas Prabowo Subianto terpaut 1,6 persen dengan Ganjar Pranowo dan 12,2 persen dengan Anies Baswedan.

Baca juga : Umumin Cawapres Agustus!

Secara tren yang diamati dari tiga survey, yakni Januari, Mei dan Juni 2023, elektabilitas Prabowo Subianto terlihat menanjak, Ganjar Pranowo naik turun, dan Anies Baswedan stagnan.

Cawapres yang dipilih oleh tiga nama teratas bursa capres diyakini akan menjadi penentu kemenangan di Pilpres 2024. Ganjar yang lemah di Jawa Barat bisa melirik Ridwan Kamil. Prabowo yang ingin merebut Jawa Tengah melirik Gibran Rakabuming Raka. Lalu, Ganjar, Anies, dan Prabowo yang ingin merebut Jawa Timur juga mempertimbangkan Khofifah Indar Parawansa.

Peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Pamungkas mengatakan, saat ini sedang dilakukan proses judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK) agar yang menjadi Capres/Cawapres itu bisa berumur di bawah 40 tahun. “Jika ini dikabulkan MK, maka Gibran Rakabuming Raka yang belum berusia 40 tahun bisa memenuhi syarat menjadi Cawapres,” ujarnya saat paparan hasil risetnya, Senin (10/7).

Baca juga : Bos FPCI: Genting, Capres 2024 Harus Angkat Isu Perubahan Iklim

Menurut Hanggoro, Cawapres yang berasal dari ketua umum atau perwakilan partai politik tetap diperlukan oleh Capres yang tak cukup tiket untuk maju di Pilpres 2024. Anies memerlukan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Prabowo memerlukan dukungan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto; Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar; atau Erick Thohir yang mewakili PAN. 

“Tanpa dukungan partai itu, syarat maju sebagai pasangan capres untuk Anies dan Prabowo tak terpenuhi,” ujarnya.

Di sisi lain, cawapres yang paling kuat untuk isu ekonomi adalah Airlangga Hartarto. Selain Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto juga seorang pengusaha dan Menteri Koordinator Perekonomian. 

Baca juga : Wapres Wanti-wanti Ekonomi Bisa Rontok

“Menurunnya kondisi ekonomi akibat pandemi tiga tahun membuat cawapres dengan latar kompetensi ekonomi mendapatkan nilai lebih. Airlangga Hartarto memiliki nilai tambahan lagi, di samping kompeten isu ekonomi, dia juga ketum partai besar, yakni Golkar,” terang Hanggoro.

Adapun hasil riset terbaru LSI Denny JA dilakukan melalui survei tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,9 persen. 

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.