Dark/Light Mode

PKS Kasih Deadline Ke Anies

Umumin Cawapres Agustus!

Jumat, 7 Juli 2023 07:45 WIB
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. (Foto: Antara)
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) dikabarkan bakal mengumumkan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo pada September atau Oktober. PKS pun berharap, Cawapres Anies Baswedan jangan sampai ketinggalan. PKS pun kasih deadline ke Anies: bulan Agustus Cawapres sudah diumumkan.

Kalau bisa, deklarasi Cawapres Anies lebih cepat dari poros koalisi lainnya, agar ada waktu untuk sosialisasi rekam jejaknya.

“Ya maksimal Agustus. Kan pendaftarannya Oktober. Sangat pas waktunya bila Juli-Agustus diumumkan ke publik. Supaya publik bisa mulai mengenal dan menilai rekam jejaknya,” kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : NasDem Gelar Konsolidasi 16 Juli Di GBK, Ngarep Anies Umumkan Cawapres

Anggota Komisi II DPR ini mengatakan, semua koalisi pu­nya strategi dalam menentukan waktu deklarasi pasangan Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024. Akan tetapi, lebih cepat deklarasi, lebih baik karena publik akan lebih duluan tahu.

“Semakin lambat, semakin se­dikit waktu untuk turun langsung dan menyapa rakyat. Semoga Mas Anies segera memilih dan Koalisi Perubahan untuk Persatuan segera mengumumkan­nya,” harapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengungkapkan, akan ada kejutan soal Cawapres Anies. Bisa saja pasangan Anies diumumkan saat acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem di Gelora Bung Karno, Jakarta, 16 Juli mendatang.

Baca juga : Utut: PDIP Dan Demokrat Ketemuan Bahas Cawapres Ganjar

“Sangat mungkin 16, mungkin 18, 20 atau 22. Pokoknya cepet-cepetan aja deh,” kata Habib Aboe di Kompleks Parlemen, kemarin.

Sekadar informasi, Partai NasDem akan menggelar kon­solidasi internal bertajuk Apel Siaga Perubahan di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, 16 Juli 2023.

Ketua Bidang Komunikasi dan Media DPP Partai NasDem, Charles Meikyansah memberi bocoran, akan ada kejutan saat acara tersebut. Meski tak menyampaikan langsung nama Cawapres, Anies akan mengungkapkan ciri-cirinya. “Ini suatu efek kejut yang pasti akan disampaikan oleh Pak Anies,” ujar Charles.

Baca juga : Relawan Ingatkan Parpol Koalisi Tak Tekan Anies Soal Cawapres

Seperti diketahui, belum ada Calon Presiden (Capres) yang resmi mengumumkanCawapres mereka. Baik Prabowo Subianto di poros Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) maupun Ganjar Pranowo di gerbong PDI Perjuangan (PDIP).

Namun, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan, pendamping Ganjar akan diumumkan antara September atau Oktober.

“Ibu Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri nanti yang akan mengumumkan. Tentu saja setelah berkoordinasi dan berdia­log dengan ketua umum partai yang lain dan Presiden Jokowi. Bisa bulan September atau Oktober sebelum pendaftaran,” kata Hasto di Kota Padang, Rabu (5/7).  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.