Dark/Light Mode

Hujan Dan Angin Kencang, Sejumlah Lokasi Di Ambon Banjir

Selasa, 11 Juli 2023 21:58 WIB
Bencana banjir dan tanah longsor akibat akibat curah hujan yang tinggi disertai angin kencang sejak di Kota Ambon. (Foto: Antara)
Bencana banjir dan tanah longsor akibat akibat curah hujan yang tinggi disertai angin kencang sejak di Kota Ambon. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah lokasi di Kota Ambon, Provinsi Maluku terdampak banjir dan pohon tumbang akibat curah hujan dengan intensitas lebat dan disertai angin kencang yang terjadi sejak Minggu (9/7).

"Ada tiga titik pohon tumbang kemudian titik banjir di Negeri Tawiri, banjir menggenangi rumah warga namun tidak ada korban jiwa," ujar Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Fahmy Salatalohy seperti dilansir Antara, di Ambon, Selasa (11/7).

Baca juga : Tenang, Pelapor Korupsi Dijaga Kok Privasinya...

Fahmy mengatakan, bencana banjir terjadi di lokasi Negeri Tawiri merendam sekitar 10 rumah warga dan air berangsur surut .

Menurutnya, selain itu, tiga unit rumah warga rusak akibat longsor dan pohon tumbang menimpa rumah warga di Kawasan Batu Gajah dan Kampung Siwang Negeri Urimessing. Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Kota Ambon, semua daerah terdampak bencana t​​elah ditangani dengan melakukan pemangkasan pohon yang menimpa rumah warga.

Baca juga : KFC Salurkan Donasi dari Konsumen Untuk Renovasi Sekolah Dasar di Jawa Barat

Bantuan logistik berupa terpal, sekop dan karung telah disalurkan kepada masyarakat yang terdampak.

"Bantuan tanggap darurat lainnya akan segera disalurkan petugas bagi warga yang terdampak bencana," ujar Fahmy. ​​​​​​

Baca juga : Pedagang Pasar Umum Negara Minta Rencana Revitalisasi Ditinjau Kembali

BPBD juga melakukan pemantauan kejadian bencana, cuaca, tinggi muka air, tinggi gelombang, gempa, tsunami melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi bencana alam saat hujan deras turun dalam waktu lama dan segera melaporkan kejadian bencana alam di lingkungan tempat tinggal ke BPBD melalui aparat pemerintah desa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.